Dinkes Ternate Imbau Warga Tak Konsumsi Air dari PDAM

ant, · Rabu 20 April 2016 13:37 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 20 340 1367778 dinkes-ternate-imbau-warga-tak-konsumsi-air-dari-pdam-Nos48ksQOk.jpg Ilustrasi

TERNATE - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) mengimbau warga untuk tidak mengonsumsi air dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) karena tercemar air laut.

"Air berasa asin jika dikonsumsi akan mengakibatkan berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi dan penyimpitan pemburu darah," kata Kepala Dinkes Ternate, Nurbaity Radjabessy di Ternate, Rabu (20/4/2016).

Sebagai informasi, warga di wilayah Ternate Utara dan Ternate Tengah sejak setahun terakhir menerima pasokan air dari PDAM Ternate yang rasanya asin, karena sumur bor milik PDAM di Ake Gaale, yang selama ini menjadi sumber air untuk melayani warga mengalami interupsi air laut.

Menurut Nurbaity Radjabessy, air berasa asin itu jika dipakai untuk mandi dalam jangka lama juga bisa membahayakan kesehatan kulit, seperti gatal-gatal, bahkan untuk jenis kulit sensitif bisa mengakibatkan iritasi akut.

Oleh karena itu, warga di wilayah Ternate Utara dan Ternate Tengah tersebut sebaiknya mengonsumsi air yang lebih sehat, misalnya untuk minum memanfaatkan air isi ulang dan untuk mandi bisa memakai air hujan, karena lebih aman jika dibandingkan dengan air berasa asin.

Sementara, Direktur PDAM Ternate, Saiful Djafar mengatakan, pihaknya terpaksa masih menyalurkan air berasa asin kepada warga di wilayah Ternate Utara dan Ternate Tengah karena tidak memungkinkan untuk dilayani dari sumur bor lainnya.

Saiful menambahkan, PDAM Ternate terus berupaya mengatasi masalah tersebut, diantaranya dengan membangun enam sumur bor baru di lokasi lain, yang jika sudah berproduksi, diharapkan bisa memenuhi kebutuhan air bersih yang lebih sehat bagi warga di wilayah Ternate Utara dan Ternate Tengah tersebut.

"Khusus untuk kebutuhan air minum bagi warga di wilayah Ternate Utara dan Ternate Tengah, PDAM untuk sementara memberikan air isi ulang secara gratis yakni setiap pelanggan satu galon untuk tiga hari dengan ketentuan menyerahkan bukti rekening pembayaran air PDAM," katanya.

(fds)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini