nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terima SP3, Warga Eks Lokalisasi Tanjung Elmo Cemas

Edy Siswanto, Jurnalis · Kamis 21 April 2016 11:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 04 21 340 1368667 terima-sp3-warga-eks-lokalisasi-tanjung-elmo-cemas-ZiceVcBZVk.jpg Eks lokalisasi Tanjung Elmo. (Foto: Edy Siswanto/Okezone)

SENTANI - Penghuni 22 rumah warga yang berdiri di eks lokalisasi Tanjung Elmo, Jayapura, was-was. Sebab, mereka sudah menerima surat pemberitahuan (SP) terakhir agar mengosongkan rumah masing-masing.

Dalam SP 3 tersebut, jika warga tidak angkat kaki atau membongkar bangunan sendiri, maka Pemerintah Kabupaten Jayapura akan melakukan penggusuran paksa.

"Mas, kita dapat SP3 7 April 2016 dan yang bertahan akan digusur paksa Jumat besok. Yang bertahan ada 22 rumah, yang tidak ikut ganti rugi," ujar salah satu warga di sana, Kamis (20/4/2016).

Menurutnya, semua warga yang mendiami bekas eks lokalisasi Tanjung Elmo tidak menerima ganti rugi karena dianggap kurang.

"Ganti rugi untuk yang ditawarkan pemda Rp500 ribu per meter untuk tanah, dan Rp50 ribu untuk bangunan. Nilai itu masih kurang mas," tuturnya.

Dikatakan, rumah warga yang berdiri di eks lokalisasi Tanjung Elmo sebagian sudah dijual kepada pihak lain, namun belum dibayar. Penjual masih menunggu pembayaran, namun sampai batas waktu akhir pembongkaran juga belum dibayar. Hal itu membuat cemas.

"Inikan ada yang sudah dijual, tapi belum dibayar, sehingga mereka cemas,” ucapnya. Sebelumnya, pada beberapa bulan lalu Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura telah membongkar 12 bangunan di bekas lokalisasi Tanjung Elmo. Pemilik rumah warga dan penginapan yang dibongkar telah menyepakati ganti rugi yang diberikan.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini