nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terlalu Padat, Permukiman Sekitar Candi Boroburur Akan Digusur

Puji Sukiswanti , Jurnalis · Kamis 21 April 2016 16:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 04 21 512 1368998 terlalu-padat-permukiman-sekitar-candi-boroburur-akan-digusur-wQYViXAHnX.jpg Menko Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli

NUSA DUA - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli menyatakan bahwa pemerintah berencana akan menata permukiman warga di sekitar Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

Hal itu disampaikannya saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I 2016 Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) di Nusa Dua, Badung, Bali. Ia menjelaskan, saat ini permukiman di sekitar Borobudur terlalu padat dan perlu dirapikan. Oleh karenanya, warga yang tinggal di kawasan tersebut akan pindahkan.

“Saat ini kami mendapatkan lahan seluas 5 ribu hektar di kaki Bukit Manoreh dari Menteri Kehutanan. Lokasinya itu tiga jam dari Borobudur,” ungkapnya, Kamis (21/4/2016).

Rizal bertutur, ada dua hal yang menjadi kompensasi bagi warga di sekitar Borobudur yang akan dipindahkan. Pertama, kata Rizal, rakyat yang dipindahkan harus dapat tanah dua kali lipat dari yang mereka miliki sebelumnya.

“Kalau dulunya punya tanah 1 hektare, begitu dipindah dapat 2 hektare. Kedua, kami akan berikan saham secara kolektif kepada rakyat yang dipindahkan (sebesar) tiga persen, supaya mereka merasa memiliki dan mereka menjaga tempat itu," paparnya.

Lebih jauh ia menjelaskan bahwa pemerintah akan mempercepat pembangunan bandara di Kulonprogo, Yogyakarta dan mengembangkan wisata kapal pesiar.

“Ketika kapal-kapal (pesiar) itu ke Semarang, wisatawan yang datang ke Borobudur aksesnya lebih cepat,” pungkas dia.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini