Pemerintah Inggris: Kaum LGBT Hati-Hati Pergi ke AS

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Jum'at 22 April 2016 20:02 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 22 18 1370254 pemerintah-inggris-kaum-lgbt-hati-hati-pergi-ke-as-7Cdv4fCfdL.jpg Pendukung kesetaraan hak bagi kaum LGBT (Foto: Marvin Gentry/Reuters)

LONDON – Pemerintah Inggris melalui Kementerian Luar Negeri memperingatkan kaum LGBT untuk berhati-hati jika ingin pergi ke Amerika Serikat (AS). Mereka diimbau untuk tidak pergi ke dua negara bagian, yakni North Carolina dan Mississippi karena keduanya memiliki undang-undang (UU) anti-LGBT.

North Carolina menerbitkan aturan yang dikenal sebagai “bathroom law”. Mereka mengharuskan seseorang membuang hajat di toilet sesuai jenis kelamin ketika lahir bukan jenis kelamin sekarang. UU tersebut dinilai diskriminatif terhadap kaum transgender.

Sedangkan Mississippi menerbitkan aturan yang memperbolehkan pelayan publik menolak untuk melayani kaum LGBT karena dinilai bertentangan dengan agama. Wali Kota Mississippi berdalih aturan tersebut dibuat untuk melindungi orang dari dosa.

“AS adalah negara plural dan sikap mengenai orang-orang LGBT juga berbeda-beda di seantero negeri. Undang-undang bisa saja berbeda setiap negara bagian. Ketika Anda berada di sana, meski hanya sementara, Anda harus patuh,” imbau Kemlu Inggris, seperti dimuat USA Today, Jumat (22/4/2016).

“Wisatawan LGBT mungkin terkena dampak UU yang baru saja disahkan di Negara Bagian North Carolina dan Mississippi. Sebelum pergi, tolong perhatikan saran kami untuk kaum LGBT. Anda bisa mencari tahu isu LGBT di AS secara detail lewat situs Human Rights Campaign,” imbuh Kemlu Inggris.

Peringatan dari Kemlu Inggris itu dipuji oleh aktivis LGBT Kaleidoscope Trust, Felicity Daly. “Menyenangkan melihat respons Kemlu Inggris terhadap LGBT. Ini pertanda baik bahwa isu LGBT sangat penting di Inggris,” pujinya.

(wab)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini