SBMPTN 2016 Ujikan 12 Pelajaran

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Senin 25 April 2016 08:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 04 23 65 1370923 sbmptn-2016-ujikan-12-pelajaran-xo4TzMGzfU.jpg Foto: Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 sudah mulai dibuka hari ini. Tak usah menunggu-nunggu lagi, bagi yang berminat ikut, segeralah mendaftar. Pasalnya, banyak hal lain yang harus disiapkan, salah satunya adalah belajar supaya bisa mengerjakan soal dengan baik dan lancar.

Perlu kamu ketahui bahwa SBMPTN terbagi menjadi tiga kategori tes. Pertama adalah kelompok sains dan teknologi (saintek). Kedua sosial dan humaniora (soshum), sedangkan ketiga adalah kelompok campuran.

Terdapat total 12 pelajaran yang akan diujikan kepada peserta SBMPTN. Namun, hal tersebut disesuaikan dengan kelompok bidang yang diikuti. Bagi peserta kelompok saintek, pelajaran yang diujikan untuk tes kemampuan dasar (TKD) mencakup matematika, fisika, kimia, dan biologi.

Kemudian bagi yang memilih kelompok soshum, mata pelajaran yang diujikan mencakup sosiologi, sejarah, geografi, dan ekonomi. Kendati demikian, baik kelompok saintek dan soshum sama-sama akan mengerjakan tes kemampuan dan potensi akademik (TKPA) yang terdiri dari mata pelajaran tes potensi akademis, matematika dasar, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris.

Pada SBMPTN 2016 nanti, ujian akan berlangsung dari pukul 07.00 sampai 14.30 WIB, 08.00 sampai 15.30 WITA, dan 09.00 sampai 16.30 WITA. Ujian terbagi menjadi tiga bagian. Pada 2 jam 15 menit pertama adalah bagian peserta Saintek mengikuti ujian TKD Saintek. Kemudian setelah 30 menit istirahat, dua jam berikutnya ujian TKPA untuk semua peserta Saintek dan Soshum. Sedangkan setelah istirahat makan siang, giliran peserta Soshum mengikuti ujian TKD Soshum selama 1,5 jam.

Bagi peserta soshum, otomatis akan mengikuti ujian dari pagi hingga sore dengan keseluruhan mata pelajaran yang diujikan. (ira)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini