60 Persen Penduduk Gaza Pengangguran

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Senin 25 April 2016 22:03 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 25 18 1372341 60-persen-penduduk-gaza-pengangguran-r1Gjv1TCTt.jpg Lebih dari setengah penduduk Gaza adalah pengangguran (Foto: Libcom)

GAZA – Sedikitnya 60 persen penduduk Gaza, Palestina merupakan pengangguran. Sedangkan 70 persen dari total penduduk Gaza hidup di bawah garis kemiskinan. Fakta menyedihkan itu diungkap oleh harian Al Quds, Minggu 24 April 2016.

Sekretaris Jenderal Serikat Dagang Palestina di Gaza (GFPTU), Sami al-Amassi, mengatakan para tenaga kerja di Palestina hidup dalam akumulasi penderitaan yang disebabkan oleh pendudukan Israel. Tetangganya itu mengetatkan pengepungan, menutup perbatasan, dan melarang masuknya bahan baku ke Jalur Gaza.

“Pekerja Palestina di Gaza mengalami kenyataan pahit dalam sepuluh tahun terakhir,” ujar al Amassi, dilansir Middle East Monitor, Senin (25/4/2016).

Al Amassi mendesak Mesir untuk membuka perbatasan di Rafah, Palestina agar memudahkan lalu lintas bahan pokok. Ia juga meminta negara-negara Arab, PBB, dan semua orang yang memiliki hati nurani untuk menekan Israel.

Menyinggung peran dari Pemerintahan Palestina Bersatu, al Amassi mencibir mereka yang dinilainya tidak melakukan apapun untuk mengurangi angka pengangguran. “Sejak hari pertama terbentuk, mereka tidak pernah menawarkan kesempatan apapun bagi para pengangguran yang hanya menerima janji palsu dari Menteri Tenaga Kerja Mamoun Abu Shahla,” urainya.

Al Amassi meminta lingkungan kerja di Gaza tersebut ditingkatkan, termasuk meningkatkan upah minimum pekerja. Ia juga ingin agar mereka yang mempekerjakan individu dengan jam kerja tinggi tetapi upah rendah harus dihukum sesuai Undang-Undang Ketenagakerjaan. Al Amassi berharap perpecahan internal Palestina segera berakhir untuk menghilangkan angka pengangguran.

(wab)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini