nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

AKP Ichwan Lubis Dicopot dari Jabatannya

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Selasa 26 April 2016 16:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 04 26 340 1373102 akp-ichwan-lubis-dicopot-dari-jabatannya-TyJqDw10Go.jpg Ilustrasi

MEDAN – AKP Ichwan Lubis, yang sebelumnya menduduki jabatan sebagai Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Pelabuhan Belawan, dicopot dari jabatannya, mulai hari ini, Selasa (26/4/2015).

(Baca juga: Kasat Narkoba Polres Belawan Ditangkap BNN)

Jabatan AKP Ichwan kini digantikan oleh AKP Dedy Kurniawan, yang sebelumnya merupakan Kasat Reskrim Polres Phakpak Bharat.

“Mulai hari ini, AKP Ichwan Lubis resmi dicopot dari jabatannya sebagai Kasat Reserse Narkoba Polres Belawan. Jabatannya digantikan oleh AKP Dedy Kurniawan,” kata Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Helfi Assegaf.

AKP Ichwan Lubis dicopot dari jabatannya karena terlibat dalam kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) bersama salah seorang bandar narkoba, Tjun Hin alias Ahin serta dua tersangka lainnya yakni Togiman alias Toge (narapidana Lapas Lubuk Pakam) dan JT alias Janti (kakak Toge).

AKP Ichwan Lubis disangka telah menerima uang suap sebesar Rp2,3 miliar dari ketiga tersangka yang merupakan jaringan narkoba Malaysia-Aceh-Medan itu. AKP Ichwan Lubis sebelumnya pernah meminta Rp8 miliar kepada bandar narkoba tersebut.

(Baca juga: Awal Mula Perkenalan AKP Ichwan dengan Bandar Narkoba)

Sementara, terkait perkembangan kasus AKP Ichwan Lubis, Helfi menyebutkan, hingga saat ini yang bersangkutan masih diperiksa penyidik BNN Pusat dan dilakukan penahanan.  "Kasusnya terus berjalan di BNN Pusat. Yang bersangkutan saat ini tetap ditahan," tutur Helfi.

Setelah dicopot dari jabatannya, AKP Ichwan juga rencananya akan dibawa ke sidang etik dan profesi kepolisian. Polda Sumut tengah melakukan penyelidikan untuk kepentingan sidang etik tersebut.

AKP Ichwan sendiri rencananya akan mengikuti proses etik dan profesi tersebut, setelah persoalan pidananya dengan BNN, berkekuatan hukum tetap.

(fds)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini