nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kondisi Pantai di Kabupaten Bengkalis Mengkhawatirkan Akibat Abrasi

ant, Jurnalis · Rabu 27 April 2016 12:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 04 27 340 1373891 kondisi-pantai-di-kabupaten-bengkalis-mengkhawatirkan-akibat-abrasi-nBTv5k4wmM.jpg Ilustrasi

BENGKALIS – Kondisi abrasi pantai di wilayah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau sudah sangat mengkhawatirkan.

"Saat ini kondisinya sudah sangat mengkhawatirkan. Khususnya di Pulau Bengkalis, Kecamatan Rupat Utara, dan Bukit Batu,” kata Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, Rabu (27/4/2016).

Amril mengatakan, pihaknya berharap pemerintah pusat ikut membantu menangani masalah abrasi pantai yang terjadi di Kabupaten Bengkalis tersebut. Pasalnya, permasalahan tersebut tidak mungkin dapat ditangani hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Baik itu APBD Bengkalis maupun APBD Riau. Lebih-lebih seperti sekarang ini dimana APBD kami berkurang karena pemotongan Dana Bagi Hasil (DBH)," ujar dia.

Amril menambahkan, telah menyampaikan permohonan bantuan dana APBN untuk mnegatasi abrasi pantai di Kabupaten Bengkalis secara langsung kepada Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Bambang Soemantri Brodjonegoro.

"Meskipun sifatnya tidak resmi dan hanya bisa berbincang sebentar, persoalan abrasi ini kami sampaikan ke Menkeu. Alhamdulillah, beliau mengatakan pemerintah pusat siap membantu," ujarnya.

Menurut Amril, Menkeu juga pernah berkunjung dan melihat langsung persoalan abrasi di daerah Kabupaten Bengkalis, tepatnya di kawasan PT Meskom Agro Sarimas, Kecamatan Bengkalis.

Setelah melihat langsung kondisi abrasi di pulau Bengkalis, Menkeu juga mengatakan akan berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terkait abrasi tersebut.

Ia menjelaskan, Pulau Bengkalis berada di batas terluar yang berbatasan dengan Malaysia. Dengan mundurnya garis pantai yang disebabkan abrasi, maka berpengaruh pada garis terluar Negara Kesatuan Republik Indonesia. Untuk itu butuh penanganan serius terhadap abrasi ini.

(fds)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini