Warga Kutoarjo Heboh Penemuan Wajan Raksasa

Agregasi Kedaulatan Rakyat, · Jum'at 29 April 2016 11:21 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 29 512 1375877 warga-kutoarjo-heboh-penemuan-wajan-raksasa-FeF77kIWn3.jpg Wajan raksasa di Purworejo (foto: KRjogja)

PURWOREJO - Ditemukannya wajan raksasa dari dalam tanah calon bangunan gudang di Jalan MT Haryono Kelurahan/Kecamatan Kutoarjo membuat warga setempat heboh. Berita yang cepat menyebar dari mulut ke mulut dan media sosial menyebabkan warga berdatangan ingin menonton, Jumat (29/04/2016).

"Ternyata besar sekali, tangan membuka saja masih belum bisa mneyetuh ujung wajan," kata Hartoyo, warga Purworejo kepada KRjogja.com.

Wajan itu ditemukan sejumlah pekerja bangunan menemukan wajan raksasa ketika menggali tanah untuk fondasi gudang milik Widodo Hadi Pranoto (50) warga Tanjunganom Kutoarjo.

Wajan ditemukan Haryanto ketika menggali pada kedalaman 15 sentimeter pada Selasa (26/4). "Kami akan membuat fondasi, ketika menggali mata cangkul membentur besi, semula dikira pipa saluran air," ungkap Haryanto.

Para pekerja menggali dan menemukan wajan tertanam dalam pasangan batu bata kuno. Mereka terus menggali dan menyingkirkan pasangan bata kuno hingga wajan terlihat utuh. Ketika diukur, wajan baja berdiameter 270 sentimeter dengan ketinggian 90 sentimeter.

Selain itu, pekerja juga menemukan bangunan diduga bekas tungku minyak tanah di bawah wajan itu. Diperkirakan, wajan adalah peninggalan pabrik yang beroperasi ratusan tahun lalu.

Mandor bangunan Mijan mengatakan, pekerja tetap berusaha menyingkirkan wajan karena menghalangi galian fondasi. Namun usaha sejumlah pekerja sia-sia karena beratnya wajan yang diperkirakan lebih dari satu ton.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini