nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Membaca Buku, Menatap Dunia

Afriani Susanti , Jurnalis · Sabtu 30 April 2016 08:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 04 29 65 1376013 membaca-buku-menatap-dunia-HpDnoa6qRg.jpg Membaca buku bisa menambah pengetahuan kita. (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Pepatah mengatakan, buku adalah jendela dunia. Jika ingin melihat dunia, maka membaca buku bisa menjadi salah satu caranya.

Tidak heran, melalui buku kita memang bisa mengetahui banyak pengetahuan, termasuk kondisi tempat dan negara yang selama ini belum kita kunjungi secara langsung.

Sayangnya, minat baca di Tanah Air masih rendah. Karena itu, Pemerintah Indonesia pun menggalakkan berbagai program demi mendongkrak minat baca; mulai dari mendirikan taman bacaan di berbagai tempat umum seperti mal, hingga menggelar program 15 menit membaca setiap hari sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai di sekolah.

Alumnus Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI) on Civic Engagement pada 2015 lalu, Robinson Sinurat, menilai, kebiasaan membaca di berbagai negara asing sudah amat baik. Hal ini dia dapati dari pengalamannya mengunjungi berbagai negara sebagai perwakilan Indonesia di beragam kegiatan kepemudaan internasional.

"Biasanya, sedari kecil anak-anak di berbagai negara itu sudah dibiasakan membaca. Sehingga pola pikir mereka pun beda. Sedangkan di Indonesia, jika seorang anak tidak mau baca, ya sudah, tidak dipaksa," papar Obin, demikian dia biasa disapa, ketika berbincang dengan Okezone, belum lama ini.

Bagi cowok kelahiran 25 Juli 1990 ini, membangun kebiasaan membaca tidaklah sulit. Bahkan, bisa dimulai dengan sesuatu yang sederhana. Terlebih lagi, ada banyak banyak pilihan buku yang bisa dibaca.

Ketiadaan waktu untuk membaca, ujar Obin, bisa jadi hanya alasan. Padahal, membaca dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun.

"Apalagi kan sekarang juga ada buku digital, jadi lebih efisien kita baca buku di mana pun. Kalau mau baca buku konvensional juga bisa, pilih buku-buku yang memang disenangi," ucap sarjana lulusan Universitas Sriwijaya (Unsri) tersebut. (afr)

Ikuti try out online SBMPTN 2016 Okezone di laman: tryout.okezone.com pada 25 April-10 Mei. Ada hadiah menarik bagi peserta dengan nilai tertinggi, lho!

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini