Paksa Tutup Jalan, Buruh dan Polisi Nyaris Adu Jotos

Yoel Yusvin, Sindo TV · Minggu 01 Mei 2016 16:37 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 01 340 1377493 paksa-tutup-jalan-buruh-dan-polisi-nyaris-adu-jotos-3WCm3d6gBX.jpg Ilustrasi (Okezone)

MAKASSAR - Ribuan buruh yang berorasi di kolong jembatan flyover Makassar, Sulawesi Selatan, siang tadi, terlibat saling dorong hingga nyaris adu jotos dengan aparat kepolisian.

Kericuhan terjadi saat massa dari Solidaritas Aksi Masyarakat untuk Rakyat Indonesia (Samurai) itu memaksa untuk menutup total akses jalan, namun dihalau polisi ditengah aksi unjuk rasa Hari Buruh International, Minggu (1/5/2016).

Aksi massa terus berlanjut hingga ke tepi jalan, saat petugas memaksa para buruh untuk tidak membakar replika manusia di tengah jalan, karena dinilai dapat menghalangi arus lalu lintas. Para buruh membawah replika manusia sebagai simbol para pekerja.

Massa menilai May Day merupakan hari bersejarah sekaligus tonggak bagi kemenangan perjuangan kelas buruh di seluruh dunia. Tak hanya itu, May Day juga diperingati sebagai momentum peringatan atas perjuangan buruh di masa lalu dalam merebut hak kesejahteraan dari perusahaan tempat bekerja.

Dalam aksinya, para buruh juga meminta kepada perusahaan yang bersangkutan agar, memberikan perlindungan kepada buruh perempuan, mewujudkan keselamatan kerja bagi seluruh pekerja serta menghapus sistem kerja kontrak atau outsourching.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini