Dipaksa Buka Kerudung, Perempuan AS Tuntut Polisi

Emirald Julio, Okezone · Selasa 03 Mei 2016 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 03 18 1379251 dipaksa-buka-kerudung-perempuan-as-tuntut-polisi-lE25iAijp4.jpg Foto dari Kirsty Powell (Foto: Telegraph)

LONG BEACH – Seorang perempuan Muslim di Amerika Serikat (AS) pada Senin 2 Mei 2016 menuntut Kepolisian California karena memaksanya membuka kerudung.

Sebagaimana dilansir Telegraph, Selasa (3/5/2016), berdasarkan laporan pengaduan terhadap Kota Long Beach dan departemen kepolisiannya, Kirsty Powell beserta suaminya diberhentikan paksa oleh dua petugas ketika mengendarai mobil pada Mei 2015.

Powell lalu ditangkap dengan dua surat perintah penahanan. Surat pertama terkait laporan dari saudarinya yang melaporkan Powell menggunakan namanya. Sedangkan surat kedua tentang insiden pengutilan pada 2002.

Dilaporkan, ketika Powel sedang diproses untuk ditahan, ia mengatakan salah satu petugas memaksanya mencopot kerudung yang digunakan di depan polisi lain dan para napi pria.

Sang petugas mengatakan, Powell tidak boleh menggunakan kerudung dan seorang pria polisi berhak menyentuhnya. Berdasarkan tuntutan yang diajukan dikatakan bahwa Powell hingga sekarang menderita dan terus merasa malu. Dijelaskan, ia menderita secara mental, dan emosinya selalu terganggu akibat pengalaman tersebut.

“Ini adalah pelanggaran yang serius terhadap kesucian tubuh dari Powell. Petugas dari Kepolisian Long Beach mencerminkan tindakan yang bersifat diskriminatif terhadap perempuan yang menggunakan hijab,” kata Yalda Satar, pengacara Powell dari Majelis Hubungan Amerika-Islam Cabang Los Angeles.

Dilaporkan, Kepolisian Long Beach dan pejabat kota tersebut hingga saat ini belum memberikan komentar terkait tuntutan dari Powell.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini