nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Belajar Bukan Hanya Kejar Gelar

Afriani Susanti , Jurnalis · Rabu 04 Mei 2016 11:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 05 03 65 1379437 belajar-bukan-hanya-kejar-gelar-CyYhUXjtfk.jpg Ilustrasi: eventsstyle

JAKARTA - Semakin tinggi jenjang pendidikan yang kita tempuh, semakin bergengsi juga gelar akademis yang kita kantongi. Namun, bukan berarti kita hanya menjadikan gelar akademis sebagai tujuan satu-satunya dalam belajar.

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Rochmat Wahab mengingatkan, semua pelajar dan mahasiswa harus belajar dengan baik, bukan karena semata-mata mengejar gelar.

"Gelar itu memang jadi bahan pertimbangan dalam beberapa hal, tapi bukan berarti harus mengejar gelar saja," tegas Rochmat, ketika berbincang dengan Okezone, belum lama ini.

Selain itu, Rochmat menambahkan, para mahasiswa harus menyadari bila perguruan tinggi bukan satu-satunya tempat untuk mengasah kemampuan. Dia pun sangat menganjurkan para mahasiswa aktif dalam mencari pengalaman dan ilmu dari luar kampus.

"Misalnya dengan mengikuti kompetisi atau forum-forum di luar meja kuliah. Karena kampus tidak bisa mejawab semuanya, sehingga mahasiswa harus bisa bekerja keras," tukasnya.

Di sisi lain, Rochmat mendorong perguruan tinggi meningkatkan mutu. Misalnya dari sisi dosen, tidak boleh berhenti meningkatkan kualifikasi mereka.

"Dukungan juga diperlukan dari semua elemen masyarakat dan pemerintah," tandasnya.

Ikuti try out online SBMPTN 2016 Okezone di laman: tryout.okezone.com pada 25 April-10 Mei. Ada hadiah menarik bagi peserta dengan nilai tertinggi, lho!

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini