Hadapi Teroris dan Perompak Bersenjata, Tiga Negara Gelar Pertemuan

Ahmad Taufik , Okezone · Kamis 05 Mei 2016 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 05 18 1380987 hadapi-teroris-dan-perompak-bersenjata-tiga-negara-gelar-pertemuan-qUyFtOs5Ni.jpg Ilustrasi, tiga negara akan melakukan pertemuan mencegah teroris dan perompak bersenjata di perairan (Foto: Aljazeera)

JAKARTA - Tiga negara Asia Tenggara yaitu Indonesia, Malaysia dan Filipina dilaporkan akan mengadakan pertemuan Trilateral untuk membahas maraknya perompakan bersenjata, kejahatan transnasional dan terorisme di kawasan perairan tiga negara.

Pertemuan Trilateral tersebut akan diselenggarakan pada 5 Mei 2016 pukul 10.00 di Gedung Agung, Yogyakarta, Indonesia. Pertemuan itu digelar dengan format 2+2+2 antara Menteri Luar Negeri (Menlu) dan Panglima Angkatan Bersenjata ketiga negara.

Sebagaimana siaran pers yang diperoleh Okezone, Kamis (5/5/2016), pertemuan itu merupakan inisiatif Indonesia karena akhir-akhir ini meningkatnya ancaman di perairan yang berada di tiga negara. Terlebih lagi, akhir-akhir ini 14 warga Indonesia dan satu warga Filipina telah ditahan oleh perompak Abu Sayyaf.

Indonesia berpandangan bahwa ancaman tersebut telah membahayakan keselamatan warga negara (Indonesia, Malaysia, Filipina) dan mempengaruhi jalur perdagangan serta aktivitas ekonomi.

Daerah perairan tiga negara ini merupakan kawasan yang sangat penting. Sebagai gambaran, pada tahun 2015, terdapat lebih dari 100 ribu kapal melintas di wilayah perairan Sulu yang membawa 55 juta metrik ton kargo dalam 1 juta kontainer dan lebih dari 18 juta penumpang.

Sebelum pertemuan ini digelar, Malaysia serta Filipina sebelumnya telah melakukan kunjungan kehormatan dengan Presiden Indonesia, Joko Widodo.

(FIK)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini