Penemuan Terowongan Baru Picu Adu Tembakan Israel - Hamas

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Jum'at 06 Mei 2016 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 06 18 1381533 penemuan-terowongan-baru-picu-adu-tembakan-israel-hamas-5jr6jxfLHr.jpg Tentara Israel menemukan terowongan baru (Foto: Tsafrir Abayov/AP Photo)

GAZA – Militer Israel mengklaim telah menemukan sebuah terowongan baru yang membentang sepanjang sisi selatan Jalur Gaza menuju Israel. Mereka yakin terowongan tersebut dibangun oleh kelompok militan Hamas untuk melakukan serangan ke Israel.

Sementara itu, militan di Jalur Gaza menembak mortar beberapa kali ke arah Israel. Hal itu memicu serangan balasan dari pihak Israel dengan target kelompok Hamas. Konflik antara Gaza dan Israel dalam beberapa hari terakhir merupakan yang terburuk sejak keduanya berkonflik selama 50 hari pada 2014.

Terowongan yang ditemukan itu berada pada kedalaman 29 meter. Namun, mereka belum yakin apakah terowongan tersebut baru dibangun atau terowongan lama yang pernah dihancurkan sebelumnya. Juru bicara militer Israel, Letnan Kolonel Peter Lerner, mengatakan Hamas menggunakan terowongan itu untuk mengirimkan anggotanya ke Israel.

“Adalah tugas kami untuk menemukan dan menghancurkannya. Hamas terus berusaha membangun infrastruktur seperti ini menuju Israel dan itu merupakan sesuatu yang tidak kami tolerir,” kata Lerner, seperti dimuat Washington Post, Jumat (6/5/2016).

Tak lama setelah militer Israel mengumumkan penemuan terowongan tersebut, sejumlah mortar ditembakkan sepanjang pagar perbatasan Jalur Gaza. Tank-tank milik Israel membalas tembakan mortar tersebut. Selama beberapa jam, keduanya saling berbalas tembakan.

Penduduk Jalur Gaza melaporkan jet tempur Israel sempat menembaki sebuah area terbuka yang digunakan sebagai pos pengamatan oleh militan Hamas dan Gerakan Jihad Palestina (PIJ). Beruntung, tidak ada laporan korban jiwa dalam adu tembakan tersebut.

(wab)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini