5.442 Orang Mendaki Gunung Semeru

Hari Istiawan, Okezone · Sabtu 07 Mei 2016 17:34 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 07 519 1382454 5-442-orang-mendaki-gunung-semeru-M0LOQOgPoh.jpg Ilustrasi (Foto: Antara)

MALANG - Gunung Semeru memang memiliki daya tarik yang kuat bagi para pendaki maupun para penikmat wisata alam. Selain merupakan gunung api tertinggi di Jawa, pesona alamnya berupa tiga danau di kawasan Semeru yang bisa dikunjungi juga magnit tersendiri bagi kawasan di Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS).

Sejak dibuka per 1 Mei 2016, hingga tanggal 6 Mei pukul 12.00 WIB, jumlah pengunjung dan pendaki di Ranupani mencapai 5.442 orang. “Rinciannya 5.400 wisatawan nusantara, 42 orang wisatawan mancanegara,” kata Kepala Balai Besar TNBTS, Sabtu (7/5/2016).

Menurutnya, ada perubahan sistem pendakian yang melalui Malang. Selain sistem booking via online, untuk mengantisipasi penumpukan pendaki di Ranupani, petugas mengharuskan para pendaki membeli tiket di Kantor Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) wilayah 2 Tumpang. “Untuk memudahkan pendaki agar tidak menumpuk di satu titik pos Ranupani,” ujarnya.

Para pendaki yang membeli tiket di SPTN wilayah 2 Tumpang, lanjut John, memang untuk melayani mereka yang berangkat dari Malang dan sekitarnya. Di sana, akan diperiksa kelengkapan persyaratan administrasi dan kelengkapan singkat. “Selanjutnya di arahkan ke pos Ranupani untuk pengecekan perlengkapan dan barang bawaan serta briefing pendakian,” kata John.

Sedangkan Pos Resort Ranupani melayani pendaki yang dari arah Lumajang dan beberapa wilayah yang belum terlayani proses tiketnya serta pemeriksaan kelengkapan administrasi, perlengkapan pendakian, dan briefing pendakian. “Pelayanannya sama, mulai pukul 7.30 sampai 16.00 WIB. Nanti sambil berjalan akan dievaluasi secara berkala sistem baru ini,” kata John.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini