Image

Bodi Mobil Sport Ini Dibuat dari Serat Pohon Sejenis Ganja

Anton Suhartono, Jurnalis · Selasa 10 Mei 2016, 07:49 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 05 09 15 1383709 bodi-mobil-sport-ini-dibuat-dari-serat-pohon-sejenis-ganja-oyaZ4U02lN.jpg Michael Dietzen gunakan bahan sejenis ganja atau hemp untuk bodi mobilnya (Barcroft Cars)

FLORIDA - Mobil sport biasanya dibuat dari bahan serat karbon yang ringan tapi kuat untuk mendukung performa kendaraan. Namun seorang pria di Florida, Amerika Serikat, membuat mobil sport-nya dari bahan serat pohon sejenis ganja atau biasa disebut hemp.

Bruce Michael Dietzen mengklaim, mobil yang dibangun dari sasis Mazda-nya itu merupakan kendaraan sport paling ramah lingkungan. Penggunaan hemp diklaimnya lebih menguntungkan ketimbang serat kaca atau serat karbon, salah satunya membuat bobot mobil menjadi lebih ringan.

Seperti dikutip Daily Mail, "Hemp masih dianggap berbahaya oleh pemerintah. Kadar bahayanya seperti disamakan dengan herion dan kokain. Tapi mobil saya ini dibuat dari tiga pohon hemp yang menjadikannya kini lebih ringan dibandingkan mobil berserat kaca," ujarnya.

Tak cuma ringan, Dietzen mengklaim mobilnya memiliki kekuatan 10 kali lipat dari baja. "Bodi mobil ini dibuat dari kayu hemp seberat 100 lbs (45,3 kilogram)," cetusnya.

Ia terinspirasi membuat mobil sport "ganja" ini dari pendiri Ford Motor, Henry Ford. Ia yang pertama kali melakukan terobosan di bidang industri automotif dengan melakukan riset penggunaan bahan serat nabati pada kedelai dan hemp untuk mobil pada 1941. Henry juga salah seorang yang memperkenalkan bahan bakar nabati untuk mobil dari minyak hemp.

Menurut Dietzen membangun mobil "ganja" tidak semudah yang dibayangkannya. Pasalnya, ia harus mencari ke berbagai tempat untuk bisa mendapatkan bahan yang diinginkan.

"Saya tinggal di Florida, hemp masih dilarang ditanam di sini, jadi saya harus mengimpor dalam bentuk anyaman dari China. Selain itu, karena kami tidak memiliki fasilitas untuk memproses serat hemp itu," kata dia.

Untuk membuatnya, mantan Manajer Sales Nasional Dell itu menghabiskan biaya USD200 ribu.

Selain penggunaan bodi mobil dari hemp, Dietzen juga menggunakan bahan bakar minyak hemp pada mobilnya. Hasilnya, emisi karbon yang dihasilkan pada mobil lebih rendah.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini