Image

Korban Hilang Akibat Lahar Dingin Sinabung Masih Dicari

Erie Prasetyo, Jurnalis · Selasa, 10 Mei 2016 - 13:55 WIB
foto: Antara foto: Antara

MEDAN - Akibat bencana lahar dingin Gunung Sinabung, satu orang meninggal dunia, tiga mengalami luka-luka dan seorang hanyut setelah terbawa arus lahar dingin di Sungai Lau Borus. Korban hilang masih dicari polisi dan masyarakat.

Kabid Humas Polda Sumatera Utara (Sumut) Kombes Pol Helfi Assegaf mengatakan, bencana alam banjir lahar dingin Gunung Sinabung berawal dari tingginya curah hujan di sekitar Gunung Sinabung dan Desa Kutambaru.

"Hujan deras mengakibatkan debu vulkanik dan material Gunung Sinabung terbawa air hujan yang mengalir ke Sungai Lau Borus sehingga volume sungai meningkat (meluap) dan menyebabkan tiga unit rumah rusak," jelas Helfi di Medan, Selasa (10/5/2016).

Luapan sungai akibat lahar dingin kemudian yang menerjang tiga rumah dekat Sungai Lau Borus mengakibatkan dua orang hanys dan tiga terluka. Satu di antara yang hanyut ditemukan meninggal sementera seorang lagi masih hilang.

"Sungai Lau Borus meluap dan menyapu rumah penduduk yang berada di pinggiran sungai. Polisi masih mencari seorang korban yang hanyut," jelas Kombes Pol Helfi.

Sebelumnya, lahar dingin Gunung Sinabung melanda Desa Kutambaru tepatnya di Perladangan Bungus Kecamatan Tiganderket, Kabupaten Karo, kemarin.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming