Rekrut Fresh Graduate, Ini yang Dicari Perusahaan

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Senin 16 Mei 2016 08:19 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 05 14 65 1388349 rekrut-fresh-graduate-ini-yang-dicari-perusahaan-4r8l8BvCCu.jpg Antrean job seeker dalam sebuah job fair. (Foto: dok. Okezone)

JAKARTA - Salah satu yang dikeluhkan fresh graduate usai lulus kuliah adalah sulit mendapatkan pekerjaan. Padahal, mereka memiliki kemampuan akademis yang baik yang cukup menjadi syarat untuk diterima di perusahaan yang diinginkan.

Editor in Chief Femina Magazine, Petty Siti Fatimah menyebut, dengan banyaknya jumlah pelamar kerja, perusahaan masih saja mengalami kesulitan dalam mendapatkan calon pegawai yang pas. Hal ini disebabkan pelamar tidak mengetahui apa yang dicari oleh perusahaan.

"Saya pribadi suka CV yang penuh. Jadi saat kuliah, mahasiswa banyak pengalamannya, tidak hanya kuliah lalu pulang," ujarnya dalam acara Open House The Recruit Maverick 2016, baru-baru ini.

Petty mengungkapkan, tidak masalah jika pengalaman atau kegiatan yang dilakukan kandidat kurang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Sebab, yang terpenting adalah pengalamannya dalam berinteraksi dengan orang.

"Karena yang membedakan mereka kuliah saja atau aktif adalah saat berinteraksi dengan orang lain," terangnya.

Poin penting selanjutnya, lanjut dia, adalah curriculum vitae (CV). Petty mengimbau kepada para fresh graduate untuk membuat CV yang hebat dan mampu menarik perekrut.

"Isi CV harus menarik. Tampilkan skill yang menonjol. Apalagi ketika melamar di korporasi, pelamar itu sangat banyak," imbuhnya.

Ikuti Try Out SBMPTN 2016 Okezone pada Senin, 23 Mei di Gedung SMESCO. Info lengkap klik laman tryout.okezone.com. Segera daftar, banyak hadiah menarik menanti!

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini