Tips Jadi Fresh Graduate yang Diincar Perusahaan

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Minggu 15 Mei 2016 09:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 05 14 65 1388426 tips-jadi-fresh-graduate-yang-diincar-perusahaan-9X0Tt0Boyh.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Lulusan perguruan tinggi atau selevel sarjana semakin banyak. Alhasil, fresh graduate yang tidak mampu menunjukkan kelebihannya sulit mendapat tempat di dunia kerja. Pasalnya, dalam merekrut karyawan, perusahaan mencari kandidat yang lain dibandingkan pelamar pada umumnya.

Melalui acara Open House The Recruit Maverick, Editor In Chief Femina Magazine, Petty  Siti Fatimah memaparkan beberapa tips untuk para fresh graduate agar dilirik oleh perusahaan.

Berikut ini rinciannya.

1. Punya talenta

Prestasi akademis tidak cukup untuk melamar sebuah pekerjaan. Perusahaan mencari kandidat yang memiliki talenta sesuai dengan posisi yang dilamar. Di antara beragam talenta yang dimiliki, perusahaan juga masih mempertimbangkan calon pegawai yang tepat untuk perusahaannya.

2. Dinamis

Menghadapi pola kerja yang serba cepat, fresh graduate harus dinamis. Mereka diharapkan mampu beradaptasi dari satu situasi ke situasi lainnya.

3. Menguasai teknologi

"Sebagai generasi Y, fresh graduate sudah sepatutnya menguasai teknologi. Sebab, mereka lahir dan tumbuh di dunia serba digital, sedangkan ke depan teknologi akan semakin canggih sehingga harus ada orang yang mampu menguasainya," papar Petty.

Ikuti Try Out SBMPTN 2016 Okezone pada Senin, 23 Mei di Gedung SMESCO. Info lengkap klik laman tryout.okezone.com. Segera daftar, banyak hadiah menarik menanti!

4. Berperilaku baik

Attitude atau perilaku penting bagi setiap fresh graduate, bahkan ketika mereka sudah bergabung dalam perusahaan.

"Saat ini, banyak karyawan sibuk dengan pekerjaan masing-masing sehingga lupa berinteraksi dengan orang lain. Misalnya, saat bertemu di lift cuek lantaran sibuk mendengarkan musik," ujar Petty.

5. Mau mengikuti proses pembelajaran

Salah satu kelemahan generasi Y adalah tidak sabar, baik dalam waktu maupun proses. Padahal, keberhasilan atau kesuksesan tidak datang dengan sendirinya.

"Oleh sebab itu, para fresh graduate diharapkan saat melamar kerja mampu menurunkan egonya untuk mengikuti proses pembelajaran di dalam perusahaan," tegas Petty.

6. Serius bekerja

Petty mengungkapkan, banyak orang mau bekerja, tetapi mencari kandidat yang mau serius bekerja bukan perkara mudah. Para fresh graduate diharapkan mampu berkomitmen bekerja dengan serius, dibuktikan dengan kinerjanya saat diterima nanti.

"Nah, untuk menjadi pemenang di antara banyak pesaing kerja, maka ketika wawancara tunjukkan siapa dirimu, kemudian apa yang kamu tawarkan kepada perusahaan. Terakhir berikan alasan apa yang membedakanmu dengan kandidat lainnya," pungkasnya.

Ikuti Try Out SBMPTN 2016 Okezone pada Senin, 23 Mei di Gedung SMESCO. Info lengkap klik laman tryout.okezone.com. Segera daftar, banyak hadiah menarik menanti!

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini