nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Lebih Dekat Mapres UI 2016

Marieska Harya Virdhani, Jurnalis · Sabtu 14 Mei 2016 17:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 05 14 65 1388429 mengenal-lebih-dekat-mapres-ui-2016-D0b7XJHEwh.jpg Tiga Mahasiswa Berprestasi (Mapres) UI 2016. (Foto: dok. UI)

DEPOK - Irman Faiz, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) terpilih menjadi Mahasiswa Berprestasi (Mapres) Utama Universitas Indonesia (UI) 2016 dalam acara Malam Apresiasi Prestasi Mahasiswa UI 2016 di Gedung Sabha Widya kampus Depok, pada Jumat, 13 Mei. Pemenang kedua adalah Badai Yuda Pratama mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan Yolla Miranda mahasiswa Fakultas Teknik (FT) sebagai pemenang ketiga.

Sebagai Mapres Utama UI, maka Irman akan mewakili UI dalam seleksi mahasiswa berprestasi Tingkat Nasional bersaing dengan para Mahasiswa Berprestasi Perguruan Tinggi se-Indonesia pada Juli 2016.

Finalis Mapres UI sendiri merupakan perwakilan 13 Program Sarjana (S1) dari seluruh Fakultas di lingkungan UI. Sebelumnya mereka telah lolos seleksi di tingkat Fakultas.

Ketigabelas finalis Mapres UI 2016 adalah Stefanus Imanuel (FK), Johan Adiyasa (FKG), Muhammad Iqbal Syauqi (FMIPA), Yolla Miranda (FT), Sherley Mega Sandiori (FH), Irman Faiz (FEB), M Rizki Rastra (FIB), Gabriel Charlotte Wajong (F.Psi), Badai Yuda Pratama (FISIP), Andrew Ebeneizer (FKM), Aditya Zulfahmi (Fasilkom), Ratna Suryani Gandana (FIK), dan Claudia Nelrima (F. Farmasi). Sebagai finalis Mapres UI, maka ke-13 mahasiswa ini akan diprioritaskan sebagai delegasi UI dalam berbagai kegiatan di tingkat nasional maupun internasional.

Selain meraih predikat sebagai Mapres Utama UI, Irman juga mendapatkan predikat sebagai Karakter Terbaik, CV Terbaik, dan kategori Rumpun Ilmu Sosial Humaniora Terbaik. Lebih lanjut, predikat mahasiswa berprestasi kategori makalah dan presentasi terbaik diraih oleh Badai Yuda Pratama dan kategori bahasa Inggris terbaik yang diraih oleh Gabriel Charlotte Wajong.

"Penyelenggaraan Malam Apresiasi Prestasi Mahasiswa UI 2016 diharapkan dapat mengapresiasi prestasi mahasiswa serta dapat terus memicu para mahasiswa UI untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif di lingkungan kampus maupun masyarakat baik itu bidang akademis maupun nonakademis yang diikuti dengan sikap dan karakter pribadi yang positif," kata Kepala Kantor Komunikasi UI Rifelly Dewi Astuti, Sabtu (14/5/2016).

Pemenang Mapres Utama UI mendapatkan uang pembinaan pendidikan sebesar Rp10 juta. Sedangkan pemenang kedua mendapatkan uang pembinaan pendidikan sebesar Rp7,5 jutadan pemenang ketiga memperoleh Rp5 juta. Sistem penilaian Mapres Tingkat Utama UI 2016 berdasarkan CV, karya ilmiah dan presentasi, psikotes, kemampuan bahasa inggris dan karakter dan kepribadian.

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mapres) Utama UI. Pada tahun ini, kegiatan pemilihan Mapres UI mengusung tema "Iptek dan Inovasi untuk Daya Saing Bangsa".

Selain pemilihan Mapres Utama UI, Malam Apresiasi Prestasi Mahasiswa UI 2016 juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para mahasiswa UI yang berprestasi dalam bidang penalaran (olimpiade sains, sosial karya ilmiah, dsb), Olahraga (bulutangkis, softball, berkuda, dll), Seni (marching band, paduan suara, tari tradisonal dan modern dance) serta budaya. Tidak kurang dari 400 prestasi akademik maupun nonakademik tingkat nasional dan internasional berhasil ditorehkan mahasiswa UI pada periode Mei 2015-April 2016.

Ikuti Try Out SBMPTN 2016 Okezone Pada Senin, 23 Mei di Gedung SMESCO. Info lengkap klik laman tryout.okezone.com. Segera daftar, banyak hadiah menarik menanti!

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini