Share

Protes Kunjungan Pejabat China, Aktivis Demokrasi Hong Kong Ditahan

Ahmad Taufik , Okezone · Selasa 17 Mei 2016 22:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 17 18 1390866 protes-kunjungan-pejabat-china-aktivis-demokrasi-hong-kong-ditahan-Md234w7CE3.png Aktivis demokrasi ditangkap (Foto: Twitter)

HONG KONG – SEJUMLAH pemimpin gerakan pro-demokrasi di Hong Kong telah ditahan karena mencoba melakukan protes selama kunjungan pejabat China, Zhang Dejiang.

Terkait kunjungan tersebut, petugas kepolisian Hong Kong terus meningkatkan keamanan dalam beberapa hari terakhir ini untuk mengantisipasi munculnya protes dalam skala besar seperti “Umbrella Revolution”, yaitu ribuan masa demonstran turun ke jalan melakukan protes selama 75 hari.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, ribuan polisi telah dikerahkan ke seluruh Kota saat Zhang melakukan kunjungan tiga harinya. Demikian sebagaimana dikutip dari Asian Correspondent, Selasa (17/5/2016).

Zhang yang merupakan Ketua Kongres Rakyat Nasional adalah pejabat Partai Komunis tertinggi China yang pernah mengunjungi Hong Kong semenjak 2012.

Saat protes terjadi, seorang pemimpin Gerakan Demosistō di Hong Kong, Nathan Law tertangkap kamera tengah ditembaki oleh pihak berwenang di wilayah metropolitan Wan Chai.

Sebelumnya, ketua gerakan pro-demokrasi Liga Sosial Demokrat, Avery Ng juga ditangkap karena membentangkan spanduk bertulis "Berakhirnya Komunis China pemerintahan satu partai".

Kendati demikian, saat berpidato di Hong Kong, Zhang menyampaikan salam hangat dan keinginan terbaik dari Presiden China, Xi Jinping dan Pemerintah Hong Kong.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

(FIK)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini