Prancis Tunda Konferensi Perdamaian Israel-Palestina demi AS

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Rabu 18 Mei 2016 04:04 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 18 18 1391116 prancis-tunda-konferensi-perdamaian-israel-palestina-demi-as-sktnxAlF8B.jpg Presiden Prancis Francois Hollande (Foto: Miguel Medina/Reuters)

PARIS – Presiden Prancis Francois Hollande memutuskan untuk menunda konferensi internasional di Paris pada akhir Mei untuk menghidupkan kembali pembicaraan damai antara Israel dengan Palestina. Penundaan dilakukan demi memastikan Amerika Serikat (AS) hadir dalam konferensi.

Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Marc Ayrault telah mengajukan tanggal konferensi pada 30 Mei 2016. Namun, Menteri Luar Negeri AS John Kerry tidak bisa hadir pada tanggal tersebut. Negeri Paman Sam dianggap penting karena ingin menjadi penengah atas solusi dua negara di Yerusalem.

“John Kerry tidak bisa hadir pada 30 Mei. Konferensi ditunda. Kemungkinan besar diadakan pada musim panas,” ucap Hollande kepada radio Europe 1, seperti dikutip Reuters, Rabu (18/5/2016).

“Inisiatif ini penting karena jika tidak ada tindakan, jika tidak ada inisiatif kuat Prancis, maka kolonisasi, serangan, serangan teroris, dan beberapa konflik lainnya terus berlanjut,” imbuh pria berusia 61 tahun itu.

Salah seorang diplomat Prancis mengatakan konferensi akan diadakan sebelum bulan suci Ramadhan yang jatuh pada Senin 6 Juni 2016. AS sendiri telah memiliki sejumlah proposal konstruktif untuk agenda pertemuan tersebut sehingga kehadiran mereka sangat penting.

Sebelumnya, Ayrault memastikan konferensi akan tetap berlangsung meskipun Israel tidak mendukung. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu ingin solusi damai dengan Palestina melibatkan dialog kedua negara secara langsung.

Konferensi tersebut diatur untuk menyertakan Kuartet Timur Tengah (Amerika Serikat, Rusia, Uni Eropa, dan PBB), Liga Arab, Dewan Keamanan PBB dan sekira 20 negara, tanpa keikutsertaan Israel serta Palestina.

(wab)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini