nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Thailand Akan Ganti Helikopter AS dengan Pesawat Canggih Rusia

Ahmad Taufik , Jurnalis · Rabu 18 Mei 2016 19:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 05 18 18 1391850 thailand-akan-ganti-helikopter-as-dengan-pesawat-canggih-rusia-OykSfxfB8x.jpg Thailand segera tukar helikopter AS dengan pesawat buatan Rusia (Foto: Sputnik)

BANGKOK - Pasukan bersenjata Thailand (Royal Thai Armd Force) berencana mengganti helikopter Amerika Serikat (AS), Boeing CH-47 Chinook dengan helikopter, Mi-17V5 buatan Rusia. Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Komando militer Thailand, Teerachai Nakwanich.

Pembelian tersebut kemungkinan besar akan segera terwujud. Pasalnya, pada awal Mei 2016, Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-ocha sempat mengumumkan bahwa Pemerintah Thailand dapat saja membeli helikopter Rusia untuk kebutuhan militer negaranya.

"Thailand perlu helikopter baru untuk menggantikan helokopter Chinook CH-47 buatan AS. Helikopter tersebut rencananya akan digunakan sebagai transportasi militer utama,” ujar Nakwanich, sebagaimana dikutip dari Sputnik, Rabu (18/5/2016).

Menurut Nakwanich, pembelian helikopter buatan Rusia karena Pemerintah Thailand tidak memiliki cukup uang untuk membeli helikopter AS. Sedangkan helikopter Rusia memenuhi kriteria baik dari segi karakter dan juga harga.

Helikopter Mi-17V5 buatan Rusia diharapkan dapat digunakan untuk mengatasi bencana alam dan membantu keadaan darurat seperti membantu proses evakuasi.

Helikopter buatan Rusia tersebut adalah salah satu modifikasi paling canggih dari unit Mi-17. Helikopter canggih tersebut diproduksi oleh JSC Kazan Helicopters.

(FIK)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini