nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kiat Mahasiswa Sukses di Tempat Magang

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Sabtu 21 Mei 2016 10:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 05 19 65 1392414 kiat-mahasiswa-sukses-di-tempat-magang-dWrGqZ4riD.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Magang menjadi salah satu kegiatan wajib mahasiswa sebelum lulus kuliah. Meski tak semua kampus menerapkan sistem magang, sebagian besar mahasiswa tertarik magang untuk menambah pengalaman sambil mengenal dunia kerja.

Co-Founder Maverick, Lita Soenardi menuturkan, program magang dimanfaatkan perusahaan untuk mencari calon karyawan yang potensial. Pasalnya, di tengah banyaknya pelamar dan angkatan kerja, perusahaan kerap kesulitan mendapat karyawan yang pas.

"Industri semakin berkembang. Program magang berfungsi untuk membagi perkembangan tersebut kepada para mahasiswa atau fresh graduate," ujarnya kepada Okezone di Kantor Maverick, Jakarta, baru-baru ini.

Setiap pemimpin perusahaan, kata Lita, memiliki kualifikasi dan pertimbangan masing-masing dalam merekrut anak magang. Sedangkan Lita sendiri memilih anak magang berdasarkan skill, passion, dan common sense.

"Karena saya ada di industri konsultan komunikasi, maka common sense itu penting. Bagaimana para calon anak magang menguasai pengetahuan industri, jadi bukan hanya tentang perusahaannya tetapi juga pada industrinya," paparnya.

Selain beberapa poin tersebut, Lita juga menambahkan, attitude atau sikap turut menjadi penilaian. Apalagi, saat magang nanti mereka akan bertemu dengan banyak orang atau klien yang harus diyakinkan. Oleh sebab itu, proses wawancara menjadi kunci untuk menilai pribadi calon anak magang.

"Saat wawancara biasanya saya melihat antusiasme mereka. Sebab, itu paling terlihat ketika dia berbicara," terangnya.

Dia berpendapat, meski hanya untuk posisi magang, pihaknya tak mau asal-asalan dalam memilih. Di Maverick, lanjut Lita, magang dilakukan dengan sistem kompetisi melalui program The Recruit.

"Di sini kandidat magang akan menjalani kompetisi yang setiap rondenya memperlihatkan skill dan kreativitas mereka. Memilih calon anak magang atau pegawai tak cukup dengan melihat CV saja, tetapi juga dilihat proses wawancara hingga kegiatan mereka di akun media sosial," tandasnya.

(rfa)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini