nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siswa Indonesia Belum Belajar Networking

Afriani Susanti , Jurnalis · Jum'at 20 Mei 2016 18:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 05 20 65 1393670 siswa-indonesia-belum-belajar-networking-1w6pIc3bcX.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Selain menyiapkan siswa menjadi unggul secara akademis, sekolah juga merupakan tempat mendidik seseorang agar siap menghadapi masyarakat, baik secara profesional maupun personal. Sayangnya, masih banyak sekolah belum mengajarkan kemampuan yang dibutuhkan untuk hal itu.

"Salah satu skill yang jarang diajarkan di sekolah adalah pentingnya networking. Padahal ini sangat krusial bagi generasi muda kita," ungkap Center Director English First (EF), Mahardika Hali di EF Senayan, Jumat (20/5/2016).

Sementara di luar negeri, kata Mahardika, sudah banyak sekolah bergengsi yang mengajarkan kemampuan tersebut kepada anak didik mereka. Hasilnya, meski masih muda, kebanyakan siswa tersebut memiliki rasa percaya diri dan kemampuan yang baik dalam bersosialisasi.

Mahardika menyebut, networking sudah menjadi kebiasaan masyarakat di luar negeri. Tidak heran, kepercayaan diri mereka tinggi sehingga tidak sungkan urun suara dalam berbagai diskusi atau berani mengungkapkan pendapat mereka di depan forum umum.

"Orang Indonesia itu sebenarnya pintar-pintar, tapi jarang berbicara. Di forum-forum besar, masyarakat kita dikenal yang paling irit berbicara. Padahal banyak ide menarik yang bisa disampaikan ketika berdiskusi. Inilah pentingnya belajar networking, untuk meningkatkan kepercayaan diri," tandasnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini