nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Abu Vulkanis Selimuti Ibu Kota Kosta Rika

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Sabtu 21 Mei 2016 13:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 05 21 18 1394215 abu-vulkanis-selimuti-ibu-kota-kosta-rika-VA6ykKkOgy.jpg Suasana San Jose yang diselimuti abu vulkanis (Foto: Juan Carlos Ulate/Reuters)

SAN JOSE – Gunung berapi Turrialba, Kosta Rika meletus dan memuntahkan awan panas serta abu vulkanis setinggi 3.000 meter ke udara. Akibatnya, ratusan warga harus dilarikan ke rumah sakit akibat sesak napas dan iritasi kulit. Selain itu, sejumlah sekolah ditutup serta penerbangan dari dan menuju Kosta Rika ditutup atau dialihkan.

Warga di Ibu Kota San Jose yang berada 45 kilometer sebelah barat Gunung Turrialba mengatakan lapisan abu vulkanis menyelimuti gedung-gedung dan kendaraan milik warga serta tercium bau sulfur yang menyengat.

Komite Darurat Nasional Kosta Rika mengimbau warga untuk menggunakan masker dan beberapa lapisan baju untuk melindungi pernapasan dan kulit mereka dari paparan abu vulkanis.

“Tampaknya, ini letusan terkuat Gunung Turrialba dalam enam tahun terakhir,” tutur ahli vulkanologi Kosta Rika, Gino Gonzalez, seperti dimuat BBC, Sabtu (21/5/2016).

Kosta Rika memiliki puluhan gunung berapi. Namun, sebagian besar dari gunung berapi tersebut tidak aktif.

(wab)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini