10 Tahun Gempa, Yogyakarta Dirikan Monumen

Markus Yuwono, Sindoradio · Selasa 24 Mei 2016 17:25 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 24 510 1396702 10-tahun-gempa-yogyakarta-dirikan-monumen-OxKPVpSTjM.jpg Para pekerja saat mendirikan monumen gempa Yogya (foto: Markus/Sindo Radio)

YOGYAKARTA - Untuk mengenang 10 tahun gempa Yogyakarta, di pusat gempa di Dusun Potrobayan, Srihardono, Pundong, Bantul, dibangun monumen peringatan gempa bumi 27 Mei 2006 yang menewaskan ribuan orang.

Monumen dengan batu adesit setinggi 1,5 meter, di samping kiri kanan dan depan terdapat batu yang berisi prasasti yang ditandatangani Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Rektor UPN Veteran, dan Bupati Bantul Suharsono. Lokasi pembangunan berjarak sekira 300 meter dari pusat gempa yang merupakan tempuran Sungai Opak dan Oya.

"Kalau dibangun di pusat gempa ya tidak mungkin karena berada di sungai," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul, Dwi Daryanto kepada Okezone, Selasa (24/5/2016).

(Baca juga: Sultan HB X Napak Tilas Peristiwa Gempa Yogyakarta)

Pembangunan ini, smabung dia, untuk mengenang peristiwa gempa yang menewaskan ribuan orang, dan merusak ratusan ribu rumah di Kabupaten Bantul dan sekitarnya.

"Menurut pemetaan di sana merupakan episentrum gempa 2006 jadi dibuat monumen," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dusun Potrobayan Sayudi mengungkapkan, pembangunan monumen ini dibangun bersumber dari bantuan kepala pelaksana BPBD Bantul, UPN dan juga masyarakat setempat. "Bantuan dari kepala BPBD dan juga swadaya masyarakat," kata Sayudi.

Ia mengatakan, pembangunan monumen ini untuk mengingatkan masyarakat tentang besarnya gempa saat itu. Di dusunnya ada 13 orang meninggal dunia dan puluhan lainnya luka berat maupun ringan.

"Sebagai pengingat anak cucu ke depan jika pernah ada gempa besar yang mengguncang bantul," sambungnya.

Sampai saat ini, pembangunan sudah mencapai 70 persen. Direncanakan saat 26 Mei malam akan diadakan malam renungan dan pada 27 Mei dilakukan refleksi 10 tahun gempa Yogyakarta oleh masyarakat setempat.

Berdasarkan data gempa bumi yang terjadi 27 Mei 2006 sekira pukul 05.53 WIB itu tercatat berkekuatan 5,9 Skala Richer. Pusat Gempa berada di Selatan-Barat Daya Yogyakarta dengan kedalaman 10 kilometer. Selain di DIY dan Jawa Tengah, getaran gempa juga dirasakan hingga sebagian wilayah Jawa Timur.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini