nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pimpin Sertijab Danpaspampres, Panglima TNI Instruksikan Peningkatan Profesionalitas

Syamsul Anwar Khoemaeni, Jurnalis · Rabu 25 Mei 2016 11:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 05 25 337 1397227 pimpin-sertijab-danpaspampres-panglima-tni-instruksikan-peningkatan-profesionalitas-3YwWmg0qwp.jpg Sertijab Danpaspampres di Mako Paspampres, Jakarta Pusat. (Foto: Syamsul Anwar Khoemaeni/Okezone)

JAKARTA – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo memimpin langsung upacara serah terima jabatan (sertijab) Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) dari Mayjen TNI Andika Perkasa kepada Brigjen (Mar) Bambang Suswantono. Orang nomor satu di jajaran militer itu mengingatkan, tugas pokok Paspampres adalah menjaga Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, beserta keluarga pemimpin negara.

"Tugas pokok Paspampres adalah pengamanan presiden dan wakil presiden dan keluarganya, tamu negara, serta mantan presiden dan wakil presiden dan keluarganya," ujar Gatot di Mako Paspampres, Jalan Tanah Abang II, Jakarta Pusat, Rabu (25/5/2016).

Gatot menambahkan, tugas tersebut merupakan amanah mulia. Terlebih presiden dan wakilnya adalah simbol negara yang wajib dijaga layaknya menjaga bendera merah putih.

"Tugas itu adalah tugas mulia yang harus dilaksanakan dengan tulus dan berani. Menurut UU bahwa presiden dan wakil presiden adalah simbol negara sehingga penghormatannya sama dengan bendera merah putih," serunya.

(Baca Juga : Menantu Hendropriyono Dipromosikan Bersama 46 Jenderal TNI Lainnya)

Selain itu, mantan KSAD tersebut menginstruksikan agar Danpaspamres yang baru meningkatkan profesionalitas. Hal tersebut untuk lebih menjamin kesiapsiagaan dan pengamanan terhadap pemimpin negara.

"Presiden juga disebut sebagai pemegang kekuasaan tertinggi TNI. Saya yakin dan percaya sepenuhnya, Paspampres telah sarat pengalaman. Dalam menyikapi perkembangan hanya tentu satu jawaban, meningkatkan profesionalitas, militansi, dan kesiapsiagaan," tuturnya.

Upacara sertijab digelar sekira pukul 10.00 WIB lantaran menunggu kedatangan Panglima TNI dari Surabaya, Jawa Timur. Sementara Mayjen TNI Andika Perkasa selanjutnya bakal ditugaskan menjadi Pangdam Tanjung Pura, Kalimantan Barat.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini