nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pantai Direklamasi, Nelayan Kesulitan Sandarkan Kapal

Syaiful Islam, Jurnalis · Rabu 25 Mei 2016 18:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 05 25 519 1397641 pantai-direklamasi-nelayan-kesulitan-sandarkan-kapal-UGjniTf09D.jpg Ilustrasi

BANGKALAN - Nelayan di Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur kesulitan menyandarkan kapal selepas melaut. Sebab perairan di pinggir pantai sudah mulai mendangkal.

Pendangkalan tersebut akibat aktivitas reklamasi di wilayah tersebut. Bahkan pantai yang direklamasi sudah mengantongi sertifikat dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pamekasan.

Bupati Pamekasan, Ahmad Syafii mengungkapkan, pihaknya kesulitan mencegah reklamasi tersebut. Sebab tanah di pinggiran pantai merupakan milik masyarakat dan sudah bersertifikat.

"Sulitnya karena tanahnya milik masyarakat, sudah bersertifikat dan sertifikatnya dari badan pertanahan," ungkap Bupati Pamekasan, Ahmad Syafii, Rabu (25/5/2016).

Namun pihaknya masih akan berupaya untuk melakukan pertemuan dengan Badan Pertanahan Nasional untuk membicarakan hal itu, tentunya dengan melibatkan dewan dan instansi terkait.

"Kami punya rencana mengundang dewan, pemda, BPN. Tapi pertanyaannya masih ada gak tanah yang belum bersertifikat," jelasnya.

Namun pihaknya akan berusaha mempertahankan tanaman magrove di wilayah itu meskipun tanahnya sudah milik masyarakat. Hal itu agar tidak terjadi abrasi di bibir pantai.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini