Share

Indonesia-Sri Lanka Teken Kerjasama Bilateral di Jepang

Silviana Dharma, Okezone · Jum'at 27 Mei 2016 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 27 18 1399362 indonesia-sri-lanka-teken-kerjasama-bilateral-di-jepang-CuLEXk5T6V.jpg Presiden Sri Lanka dan Jokowi. (Foto: dok. Sri Lanka Government)

NAGOYA – Pertemuan KTT G7 dimanfaatkan Presiden Indonesia Joko Widodo dan Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena untuk menandatangani sejumlah kerjasama bilateral. Di antaranya, fokus membahas pengembangan investasi, kewirausahaan, forum internasional, dan peningkatan jumlah penerbangan.

“Kondisi Sri Lanka yang stabil akhir-akhir ini membuka kesempatan bagi banyak investor untuk produk lokal serta produksi bahan baku impor mengirim barangnya ke pasar internasional. Kami juga memberikan banyak insentif bagi wirausahawan luar negeri untuk berinvestasi pada produksi lokal kami,” kata Presiden Sirisena di Hotel Hilton Nagoya, seperti dikutip dari Eurasia Review, Jumat (27/5/2016).

Selain itu, dalam sektor ekspor-impor barang, Sri Lanka berkomitmen untuk mengekspor bahan baku karet dengan harga yang pantas ke Indonesia. “Kita tentu harus memperluas kerja sama kita dengan santun,” tegasnya.

Di sektor perhubungan, Presiden Sirisena ternyata menaruh perhatian pada bidang penerbangan. Ia berharap, rute penerbangan Pesawat Garuda Indonesia dapat diperbanyak ke negaranya.

Dalam kesempatan ini, Presiden Joko Widodo juga meminta dukungan Sri Lanka dalam pemilihan Ketua Asosiasi Negara-negara Pesisir India (IORA) pada tahun ini. Setali tiga uang, Sri Lanka juga memohon bimbingan dan kerja sama Indonesia, dengan masuknya Sri Lanka ke dalam Perjanjian Perdagangan Bebas (FTA) bersama India dan Pakistan baru-baru ini.

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini