nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Rabies, Ribuan Anjing di Barito Selatan Divaksinasi

Sigit Dzakwan, Jurnalis · Jum'at 27 Mei 2016 13:28 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 05 27 340 1399234 cegah-rabies-ribuan-anjing-di-barito-selatan-divaksinasi-vohL8UNwYe.jpg Ilustrasi. (dok.Okezone)

BARITO SELATAN - Untuk mencegah penyebaran penyakit rabies pada anjing, petugas Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Kalimantan Selatan telah menyuntik vaksin kepada 1.460 ekor anjing.

Kadistanak Barsel, Ibarata mengatakan dari enam kecamatan yang ada di Barsel, tiga kecamatan mayoritas penduduknya memelihara anjing. Yakni di Kecamatan Dusun Selatan, Gunung Bintang Awai, dan Kecamatan Dusun Utara.

“Untuk mengantisipasi penyebaran rabies kami telah melakukan vaksinasi terhadap 1.460 anjing peliharaan serta melakukan eliminasi pada anjing liar tanpa pemilik,” ujanrya, Jumat (27/5/2016).

Menurut Ibarata, kasadaran warga mulai meningkat untuk melakukan vaksin anjing peliharaan mereka. Itu sangat membantu petugas untuk melakukan vaksinasi.

Sebelumnnya, Distanak menargetkan 3.200 anjing akan divaksin rabies mulai Mei hingga Desember 2016. “Kita optimis target 3.200 anjing divaksin akan tercapai," tutur Ibarata.

Ia juga mengimbau kepada warga pemilik anjing, agar berhati-hati saat memindahkan anjing, meminta, mengambil, memungut, dan membeli anjing jika ada ciri-ciri anjing tersebut terkena rabies.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini