Gelar Dialog, Indonesia-Norwegia Coba Samakan Persepsi Soal HAM

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 30 Mei 2016 16:31 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 30 18 1401368 gelar-dialog-indonesia-norwegia-coba-samakan-persepsi-soal-ham-T3U6RYWrOr.jpg Foto Menlu Retno bersama dengan Menlu Brende di acara 12th Indonesia-Norway Human Right Dialogue (Foto: Rahman Asmardika)

JAKARTA – Indonesia dan Norwegia kembali memperkuat kerjasama kedua negara di bidang hak asasi manusia (HAM) dengan menggelar sebuah dialog yang berlangsung di Kementerian Luar Negeri di Jakarta. 

Acara bertajuk 12th Indonesia-Norway Human Right Dialogue itu dibuka oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dan akan berlangsung pada 30-31 Mei 2016. 

Menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu) Arrmanatha Nasir, acara dialog ini digelar sebagai cara menyamakan persepsi mengenai hak asasi manusia dari kedua negara. 

“Tujuan dialog ini untuk mempromosikan pandangan HAM, perbaikan HAM yang dilakukan baik di sini (Indonesia) maupun di Norwegia,” jelasnya kepada wartawan, Senin, (30/5/2016). 

Kerjasama HAM antara Indonesia dan Norwegia dimulai pada 2002 dan dilaksanakan setiap tahunnya dalam bentuk dialog secara bergantian di Indonesia dan Norwegia. 

Dialog ini membahas tema yang dibagi dalam tiga kelompok kerja yaitu: militer dan polisi, hak anak, dan dialog antar kepercayaan serta toleransi. 

Sampai saat ini, dialog HAM kedua negara telah berlangsung sebanyak 11 kali dengan dialog terakhir di Jakarta pada 26-28 November 2012.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini