nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jelang Hari Pancasila, Pagar Nusa NU Gelar Apel 10 Ribu Pendekar

Reni Lestari, Jurnalis · Senin 30 Mei 2016 10:56 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 05 30 337 1401067 jelang-hari-pancasila-pagar-nusa-nu-gelar-apel-10-ribu-pendekar-YGuhUEoLYv.jpg Ilustrasi (Okezone)

JAKARTA – Pencak Silat Nahdlatul Ulama (NU) Pagar Nusa akan mengumpulkan 10 ribu pendekar se-Provinsi Lampung untuk menggelar apel akbar pada Selasa (31/5/2016). Apel Akbar bertema “Pagar Nusa Bela Bangsa dan Ulama” ini diselenggarakan dalam rangka menjelang hari lahir Pancasila 1 Juni.

“Pagar Nusa sebagai Badan Otonom NU punya ratusan ribu kader yang konsen dalam melestarikan tradisi pencak silat. Sebelum apel akbar, di Jawa Timur, Pagar Nusa baru saja mengadakan turnamen pencak silat se-Jawa-Bali," kata Ketua Umum PP Pagar Nusa, Ajengan Mimih Haeruman, Minggu (29/5/2016).

Setelah diadakan di Lampung, kegiatan serupa juga akan digelar di Kalimantan dan enam daerah lainnya sebagai sarana konsolidasi para pesilat se-Nusantara.

Ajengan mengungkapkan, apel akbar akan dipimpin Menteri Pertahanan Jenderal (Purn) Ryamizard Ryacudu sebagai Inspektur Upacara dan Rais Amm PBNU, KH Makruf Amin yang akan memberikan tausiyah kebangsaan.

Selain itu, apel itu diwarnai sejumlah atraksi para pesilat muda NU setempat. Kemudian dilanjutkan dengan pelantikan Pengurus Wilayah Pagar Nusa Lampung dan Pengurus Cabang Pagar Nusa se- Lampung.

“Apel dan sejumlah atraksi itu bukan ajang pamer atau unjuk kekuatan. Tapi, sebagai bentuk tasyakur Pagar Nusa yang dalam kurun waktu sekian tahun ini telah turut mewarnai khazanah persilatan di Indonesia," paparnya.

Tak hanya unjuk kebolehan bersilat, dalam apel juga akan disampaikan komitmen para pendekar Pagar Nusa dalam membela ulama dan keutuhan bangsa Indonesia.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini