Dunia Kagumi Sistem Negara Pancasila Indonesia

Ahmad Taufik , Okezone · Rabu 01 Juni 2016 23:03 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 01 18 1403768 dunia-kagumi-sistem-negara-pancasila-indonesia-NSMfvZeB3t.jpg Ilustrasi, Pancasila (Foto: Okezone)

JAKARTA – Sejumlah negara di Timur Tengah merasa heran dan kagum dengan sistem kenegaraan di Indonesia. Pasalnya, Indonesia - dengan jumlah penduduk lebih dari 250 juta orang dan terdiri dari berbagai suku dan agama - dianggap berhasil mempertahankan kerukunan antar umat beragama.

Oleh karena itu, berdasarkan penuturan Rektor UIN Syarif Hidayatullah, Prof. Dr. Dede Rosyada, sejumlah pejabat dan ulama dari Afghanistan dan Serbia berniat untuk mempelajari sistem Pancasila yang selama ini diterapkan Indonesia.

 “Sejumlah negara seperti Serbia dan Afganistan sangat kagum dengan sistem negara Indonesia. Mereka heran mengapa Indonesia dengan jumlah penduduk lebih dari 250 juta orang dapat menjaga kerukunan antar umat beragama,” ujar Dede Rosyada, saat memberikan sambutan dalam acara peluncuran buku di UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, Rabu (1/6/2016). 

Serbia dan Afghanistan menurutnya, bahkan juga mempertanyakan Islam seperti apa yang telah diajarkan di Indonesia, sampai-sampai masyarakatnya bisa hidup begitu damai dan penuh toleransi akan umat beragama lain. 

“Mereka (Serbia dan Afghanistan) sampai bertanya ke kita, Islam bagaimanakah yang diajarkan kepada umat Islam di Indonesia?,” ungkap Dede.

Untuk menjawab pertanyaan itu, Dede menganjurkan kedua negara sebaiknya mengutus mahasiswa mereka untuk belajar di Indonesia. Itu bertujuan agar mereka dapat mengetahui secara utuh sistem pembelajaran Islam di Indonesia.  

(FIK)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini