Image

Hari Lingkungan Hidup, Aktivis Gaungkan Tolak Reklamasi

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Minggu, 5 Juni 2016 - 10:39 WIB
Aksi Hari Lingkungan Hidup menolak reklamasi di Bundaran HI Jakarta (Ari DS/Okezone) Aksi Hari Lingkungan Hidup menolak reklamasi di Bundaran HI Jakarta (Ari DS/Okezone)

JAKARTA - Memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia, sejumlah pegiat lingkungan hidup menggelar aksi simpatik di arena car free day Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta. Dalam aksinya, mereka menolak reklamasi laut karena merusak lingkungan.

Seorang peserta aksi, Rahmat mengatakan, selain merusak lingkungan hidup, proyek reklamasi juga mengubah ekosistem khususnya di sejumlah laut Indonesia.

"Tepat pada hari ini, 5 Juni diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup se-Dunia, bahwa bumi ini telah memenuhi kebutuhan hidup manusia, tapi ternyata beberapa manusia merusak bumi demi kepentingan pribadi," ujar Rahmat di sela aksi, Minggu (5/6/2016).

Menurutnya, menolak reklamasi yang terjadi di sejumlah daerah seperti Bali, Jakarta, dan Makasar‎, adalah salah satu bentuk sikap kepedulian terhadap lingkungan hidup.

"(Reklamasi) dampaknya bukan hanya menyerang pada aspek ekonomi, tapi juga lingkungan, dan pembangunan proyek reklamasi memang benar hanya menguntungkan korporasi, bukan masyarakat," ungkapnya.

(Baca juga: BEM UI Ajak Warga Tolak Reklamasi)

Meraka berharap pemerintah dapat menghentikan proyek reklamasi berbalut bisnis properti yng menguntung korporasi, untuk selanjutnya dibudidayakan ekosistem di wilayah pesisir laut Indonesia.

"Proyek reklamasi ini kan jelas tidak menguntungkan rakyat, dan justru berbanding terbalik dengan program Jokowi, karena dalam hal ini banyak nelayan yang jadinya kontra produktif," tandasnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming