Hilal Gagal Terlihat di Pamekasan karena Terhalang Mendung

Syaiful Islam, Okezone · Minggu 05 Juni 2016 18:53 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 05 519 1406991 hilal-gagal-terlihat-di-pamekasan-karena-terhalang-mendung-nUigUI4yAX.jpg Ilustrasi

BANGKALAN - Badan Hisab Rukyat (BHR) Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur menggelar pematauan (rukyatul) hilal di Pantai Ambat, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan, Minggu (5/6/2016).

Pemantauan juga melibatkan ormas islam seperti LFNU, PC Muhammadiyah Pamekasan, Pondok Pesantren, Perguruan Tinggi, Al-Fitroh Surabaya dan Kemenang setempat.

Pemantauan dilaksanakan mulai pukul 16.00 WIB sampai terbenamnya matahari yakni pada pukul 17.36 WIB. Namun tim gagal melihat hilal dari Pantai Ambat.

Menurut Sekretaris BHR Pamekasan, Hosen, hilal gagal terlihat lantaran langit di Kabupaten Pamekasan diselimuti mendung tebal pada saat pemantauan dilakukan.

"Hilal tidak bisa terdeteksi karena mendung yang sangat tebal sekali. Walaupun tidak sampai hujan," ungkap Hosen, kepada wartawan, Minggu (5/6/2016).

Dijelaskan Hosen, pihaknya tetap melaporkan hasil pemantauan hilal ke Kementerian Agama RI melalui Kanwil Kemenag Jatim bahwa hilal tidak terlihat di Pamekasan.

"Kita tetap laporkan bahwa hilal tidak terlihat karena terhalangi mendung dan sudah disaksikan petugas dari Pengadilan Agama," imbuhnya.

Sementara ormas islam juga melaporkan ke lembaganya masing-masing seperi Lajnah Falakiyah NU (LFNU) melaporkan ke Pengurus Besar Nadhlatul Ulama.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini