Share

Tiga Srikandi Hakim Agung AS Pembuat Sejarah

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Rabu 08 Juni 2016 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 07 18 1408948 tiga-srikandi-hakim-agung-as-pembuat-sejarah-Mz1u2tLGjE.jpg Tiga srikandi Hakim Agung AS (kiri-kanan: Elena Kagan, Sonia Sotomayor, dan Ruth Bader Ginsburg) (Foto: Allison Shelley/AFP)

MANTAN Presiden Amerika Serikat (AS) Bill Clinton menunjuk Ruth Joan Bader Ginsburg sebagai salah satu dari delapan Hakim di Mahkamah Agung (MA) pada 10 Agustus 1993. Perempuan berkacamata itu merupakan perempuan kedua yang ditunjuk sebagai Hakim Agung setelah Sandra Day O’Connor pada 1981.

Penunjukkan Ruth Ginsburg diikuti oleh Sonia Sotomayor pada 2009 dan Elena Kagan setahun berselang. Sejak itu, MA Negeri Paman Sam memiliki tiga srikandi dari delapan hakim anggota. Ketiganya dinobatkan sebagai perempuan paling berpengaruh di dunia nomor 23 dari 100 orang versi Majalah Forbes pada Senin 6 Juni 2016.

Fungsi MA AS adalah sebagai badan peradilan untuk menentukan hasil dari beberapa isu paling diperdebatkan dan penting yang diputuskan dalam pengadilan hukum. Karena itulah, pengaruh mereka dianggap besar hingga ketiganya secara bersama-sama ditempatkan di peringkat 23.

Ginsburg menjadi Hakim Agung perempuan kedua yang ditunjuk dalam sejarah 226 keberadaan MA. Perempuan asal New York itu berhasil melewati sejumlah rintangan menuju kursi Hakim Agung. Ruth Ginsburg pernah ditolak ketika bergabung ke MA pada 1960 sebagai juru tulis karena gendernya.

Selama menjabat sebagai Hakim Agung, ketiganya tidak hanya memiliki kesamaan dalam hal gender. Berdasarkan studi New York Times pada 2014, ketiganya selalu sependapat dalam 90 persen kasus yang ditangani oleh MA.

Sonia Sotomayor tercatat sebagai Hakim Agung pertama dari kalangan Hispanik (keturunan Spanyol) sepanjang sejarah MA. Bersama dengan Elena Kagan, keduanya termasuk Hakim Agung termuda dibandingkan kolega-koleganya.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

(wab)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini