nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tunggu Hasil SBMPTN 2016, Enaknya Ngapain?

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Rabu 08 Juni 2016 10:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 06 07 65 1408711 tunggu-hasil-sbmptn-2016-enaknya-ngapain-ujB8VUWbMQ.jpg Foto: Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA - Saat ini, lebih dari 700 ribu alumni SMA dan sederajat sedang harap-harap cemas menunggu pengumuman hasil SBMPTN 2016. Jika sesuai jadwal, maka kelulusan mereka di kampus negeri bisa diketahui pada 28 Juni mendatang.

Setiap peserta memiliki kesempatan yang sama di SBMPTN 2016. Nah, daripada bingung saat menunggu hasil SBMPTN 2016, yuk simak tips berikut ini.

1. Tetap optimistis

Jangan hanya diam dan pasrah saat menunggu pengumuman hasil SBMPTN 2016. Walaupun kamu merasa tidak bisa mengerjakan soal-soal SBMPTN kemarin, singkirkan rasa pesimistis. Cobalah untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai kampus sasaranmu. Misalnya, unit kegiatan mahasiswa yang tersedia, kos-kosan di sekitar kampus, tempat nongkrong asyik di dekat kampus, dan hal menarik lainnya. Selain menambah wawasan, cara ini juga bisa membangkitkan kembali keyakinanmu untuk bisa lolos SBMPTN 2016.

2. Pikirkan kemungkinan terburuk

Meski harus tetap berpikiran positif, peserta ujian tulis juga harus memikirkan kemungkinan terburuk saat pengumuman hasil SBMPTN 2016. Kamu harus memikirkan alternatif jika seandainya tak lolos SBMPTN 2016. Saat ini, beberapa kampus negeri masih membuka pendaftaran seleksi mandiri yang bisa diikuti. Selain itu, mencari informasi seputar kampus swasta juga tidak ada salahnya, lho! Ingat, kuliah di mana saja sama baiknya, tergantung bagaimana niat setiap mahasiswa dalam belajar.

3. Cari kegiatan

Daripada bosan menunggu hasil SBMPTN 2016 di rumah terus, carilah kegiatan yang bermanfaat. Beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti volunteer dan kursus. Selai itu, di bulan suci Ramadan ini, kamu juga bisa memanfaatkan waktu untuk fokus beribadah atau mengukuti kegiatan yang bermanfaat, seperti pesantren kilat dan bakti sosial.

4. Kuatkan mental

Baik atau buruknya hasil SBMPTN 2016 nanti, siapkan mental dengan baik. Jika berhasil, tentu kamu harus bersyukur dan segera mencari tahu tahapan apa lagi yang harus dilakukan. Namun jika gagal, jangan putus asa. Segera ambil langkah supaya kamu tetap dapat melanjutkan kuliah dan meraih cita-cita yang diimpikan. (ira)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini