nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Abrasi Pantai Indramayu Terus Meluas hingga 2 Km

Dwi Ayu Artantiani , Jurnalis · Rabu 08 Juni 2016 07:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 06 08 525 1409056 abrasi-pantai-indramayu-terus-meluas-hingga-2-km-RpWYjwgB67.jpg Kondisi abrasi pantai di Indramayu. (Foto: Dwi Ayu Artantiani/Okezone)

INDRAMAYU - Kondisi pantai Indramayu cukup menghawatirkan. Hal itu lantaran hampir seluruh pantai di Indramayu mengalami abrasi, seperti yang terjadi di pantai Sukra, Kandanghaur, dan Balongan yang sudah mencapai 2 kilometer.

Kuwu (Kepala) Desa Tegaltaman, Jamroni mengatakan, abrasi pantai ini mengancam persawahan warga. Abrasi yang terjadi di desanya juga cukup mengkhawatirkan karena mengakibatkan pengikisan daratan sejauh minimal 10-15 meter per tahun. Pihaknya menyadari kondisi tersebut diperburuk tidak adanya tembok penahan ombak di antara daratan dan lautan.

“Penahan ombak itu yang saya tahu programnya BBWS di Bandung. Pengerjaannya memang dilakukan secara bertahap karena disesuaikan dengan ketersediaan anggaran mereka. Namun yang saya dengar, pembangunannya tidak akan dilakukan tahun ini, mungkin tahun depan baru diteruskan,” ucapnya, Rabu (8/6/2016).

Jamroni mengatakan, panjang pantai yang terkena dampak abrasi di desanya saja mencapai hampir 2 kilometer. Ia menjelaskan, pembangunan penahan ombak hingga saat ini baru mencapai separuh.

“Warga sudah sering mengeluhkan abrasi ini. Mereka minta pembangunan penahan ombak dipercepat agar dampak abrasi tidak meluas lagi,” ujarnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini