Image

Pemuda Penginjak Alquran Ditetapkan Tersangka

Rus Akbar, Jurnalis · Rabu 15 Juni 2016 22:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 06 15 340 1416275 pemuda-penginjak-alquran-ditetapkan-tersangka-7pRss2pQXu.jpg Adegan Pemuda Hendak Injak Alquran (Foto: Ilustrasi)

PADANG - Dua pemuda yang diduga melakukan aksi hendak menginjak Alquran yang kemudian diunggah ke media sosial Facebook ditetapkan menjadi tersangka. Penetapan keduanya setelah menjalani pemeriksaan di Polres Pasaman Barat sejak siang tadi.

“Tadi kita sudah menetapkan tersangka dua orang yang diduga terlibat menginjak Alquran yang sedang marak di media sosial saat ini. Keduanya sudah ditahan di Mapolres Pasaman Barat,” kata Wakapolres Pasaman Barat, Kompol Rendra Eko Cahyono pada Okezone, Rabu (15/6/2016).

Menurut Rendra, kedua tersangka adalah Kafri Nanda atau Capry Nanda (20) dan Andri (22). Mereka dijerat dengan Pasal 156 KUHP tentang Penodaan Agama. “Ancaman hukumannya enam tahun penjara, itu yang baru saya dapat informasi dari anggota,” ujarnya.

Selain Pasal 156 KUHP, Kasat Reskrim Polres Pasaman Barat, AKP Rico Fernando mengatakan, bahwa tersangka juga dijerat Pasal 28 Ayat (2) UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

(Baca: Pemuda yang Berpose Hendak Injak Alquran Sesali Perbuatannya)

“Jadi ada dua yang menjerat mereka satu Pasal 156 KUHP dan satu lagi UU ITE, sebab ini di-upload ke dunia maya di Facebook,” katanya.

Dua orang tersangka diketahui memiliki peran berbeda, Kafri Nanda perannya berpose, unggah foto, sedangkan Andri perannya sebagai pihak yang memotret adegan tersebut.

Seperti diketahui, Kapry membuat heboh netizen karena mengunggah foto dirinya hendak menginjak kitab suci Alquran. Foto itu diserta dengan caption “jGn tIru adEgaN InI brO...”

Dari pengakuan Kapry, foto hendak menginjak Alquran itu diambil di Musala Al Ikhlas Kampung Tangan Jorong Koto Dalam, Nagari Sungai Aur pada Minggu 12 Juni 2016 sekira pukul 23.30 WIB.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini