nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

China Mulai Bangun Toilet LGBT

Emirald Julio, Jurnalis · Jum'at 17 Juni 2016 11:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 06 17 18 1417601 china-mulai-bangun-toilet-lgbt-scYZukJeki.jpg Penampakan toilet gender netral di salah satu bar di Beijing (Foto: Shanghaiist)

BEIJING – China dilaporkan sudah mulai melunak terkait isu LGBT, sebab mulai banyak ruang publik di Beijing yang sudah membangun toilet gender netral atau yang lebih dikenal dengan toilet LGBT.

Sebagaimana dikutip dari Shanghaiist, Jumat (17/6/2016), kampanye untuk LGBT ini dilaporkan dimulai oleh Beijing Gender Health Education Institute (BGHEI) pada Mei 2016. Di mana organisasi nonpemerintah ini menganjurkan kepada pemilik usaha serta kantor-kantor untuk memasang tanda ‘Toilet Semua Gender’.

Dengan bantuan dari UNDP dan UN Women, program ini mulai diterapkan dan dikabarkan sudah lebih dari 30 kantor nonpemerintah, bar, dan kedai kopi di Beijing mulai membuat toilet yang bersifat gender netral.

Bahkan, Organisasi BGHEI dikabarkan akan membuat peta khusus yang memperlihatkan di mana saja lokasi yang terdapat ‘Toilet Semua Gender’ tersebut.

Selain itu, program pembangunan toilet gender netral ini bukan hanya berpusat di Beijing, sebab beberapa tempat di Provinsi Hebei dan Chongqing juga sudah mulai mengikuti program pembangunan toilet tersebut.

Pimpinan dari kampanye pembangunan toilet gender netral di China, Yang Gang menuturkan, dengan dibangunnya ‘Toilet Semua Gender’ akan sangat membantu para transgender yang memiliki anak.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini