Share

Rindu Keluarga, Anak Buah Santoso Turun Gunung

Yoanes Lita, Sindo TV · Jum'at 17 Juni 2016 20:09 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 17 340 1418409 rindu-keluarga-anak-buah-santoso-turun-gunung-J0KpRbGLKZ.jpg Foto: Illustrasi Okezone
POSO - Satuan Tugas Operasi Tinombala 2016 menangkap seorang anggota kelompok Santoso saat pulang ke rumahnya di Dusun Tamanjeka, Desa Masani, Kecamatan Poso Pesisir. Samil alias Nunung (22) ditangkap tanpa perlawanan dan langsung dilakukan pemeriksaan di Mapolres Poso.

Kabid Humas Polda Sulteng AKBP Hari Suprapto mengatakan, tersangka bernama Muhammad Unul Usman alias Samil alias Nunung terendus keberadaannya di rumahnya oleh aparat keamanan berdasarkan informasi intelijen yang diterima.

“Petugas langsung ke lokasi dan melakukan penggerebekan dan berhasil menangkap DPO anggota kelompok Santoso itu tanpa perlawanan,” kata Hari kepada wartawan, Jumat (17/6/2016).

(Baca juga: Polisi Musnahkan Puluhan Bom Hasil Operasi Perburuan Teroris Santoso)

Diketahui, Samil bergabung dengan kelompok Santoso selama dua tahun terakhir. Kini petugas sedang berupaya mendapatkan keterangan untuk mencari tahu perihal keterlibatan dirinya dalam sejumlah kasus kekerasan dan terorisme oleh kelompok Santoso.

“Dengan penangkapan Samil, kini anggota kelompok Santoso tersisa 21 orang, tiga di antaranya adalah perempuan,” tuturnya.

Kini kelompok santoso diduga masih bertahan di hutan pegunungan di Poso Sulawesi Tengah yang meliputi wilayah Kecamatan Poso Pesisir, Poso Pesisir Utara, dan Poso Pesisir Selatan, termasuk wilayah Lembah Napu yang meliputi Kecamatan Lore Utara, Lore Timur, Lore Tengah, dan Lore Peore.

Luas perburuan kelompok Santoso dalam operasi yang melibatkan 3.000 personel pasukan gabungan TNI-Polri itu mencapai luas wilayah 2.400 meter persegi yang umumnya berupa hutan pegunungan lebat.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini