nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Puluhan Ton Ikan Mati Mendadak di Kuningan

Toiskandar, Jurnalis · Jum'at 17 Juni 2016 10:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 06 17 525 1417682 puluhan-ton-ikan-mati-mendadak-di-kuningan-PxoxLQWBUS.jpg Foto: Toiskandar/iNews

KUNINGAN - Puluhan ton ikan budidaya jala apung Waduk Darma di Desa Jagara, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, kembali ditemukan mati, pagi tadi. Beberapa waktu sebelumnya, ratusan ton ikan di waduk ini juga mendadak.

Jenis ikan yang dibudidayakan di Waduk Darma di antaranya ikan nila, emas, dan ikan young dari Hongkong. Sementara puluhan ton ikan yang mati, merupakan ikan yang sudah siap panen.

Kematian massa ikan tersebut diakibatkan cuaca buruk setelah beberapa hari ini kawasan itu diguyur hujan lebat. Cuaca buruk mengakibatkan oksigen di dalam air sangat tipis.

Untuk menyiasati kerugian yang sangat besar, para petani tambak jaring apung di Waduk Darma melelang ikan ikan tersbut dengan harga murah.

“Kerugian karena ikan di sini mati mendadak, bisa mencapai miliaran rupiah. Untuk menekan angka kerugian itu, ikan dilelang dengan harga murah,” kata seorang petani tambak, Sambas kepada wartawan, Jumat (17/6/2016).

Para petani tambak di Waduk Darma Kuningan berharap agar pemerintah setempat memberikan perhatian guna mengatasi kerugian yang sangat besar yang dialami oleh ratusan petambak.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini