nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rekrut Karyawan, Ini yang Dicari Perusahaan Multinasional

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Sabtu 18 Juni 2016 14:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 06 17 65 1418208 rekrut-karyawan-ini-yang-dicari-perusahaan-multinasional-9keW1GgpdI.jpg Foto: Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA - Ketidakselarasan antara apa yang diajarkan di institusi pendidikan dengan apa yang dibutuhkan oleh industri membuat lulusan perguruan tinggi sulit mencari kerja walaupun punya IPK tinggi. Di sisi lain, industri besar, seperti perusahaan multinasional tidak hanya membutuhkan calon karyawan yang kuat di akademis semata.

Presiden Direktur dan CEO PT Siemens Indonesia, Josef Winter dalam suatu media briefing bersama Swiss German University (SGU) membagikan beberapa rahasia terkait kriteria perusahaan multinasional dalam merekrut karyawan. Menurut dia, setiap perusahaan memiliki standar tinggi untuk kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Kami mempunyai standar dalam perekrutan SDM yang berkualitas. Sebab kami butuh SDM yang siap pakai serta memiliki keterampilan praktis sesuai dengan bisnis yang dijalani," tuturnya di Hotel Pullman, Jakarta, belum lama ini.

SDM yang berkualitas, kata dia, bukan hanya pintar. Para calon karyawan juga harus memiliki jiwa kepemimpinan, punya kemampuan komunikasi, dan etos kerja yang baik.

"Kemudian penting juga untuk berorientasi internasional tanpa menghilangkan pengetahuan dan pendekatan lokal," sebutnya.

Winter menambahkan, perusahaan besar hanya akan menerima karyawan yang bersikap baik dan berkarakter. Apalagi, di sana mereka tidak bekerja secara individu, tetapi dengan tim yang berasal dari berbagai belahan dunia.

"Yang terpenting adalah apa yang akan kamu lakukan bukan apa yang kamu ketahui. Kami akan melihat bagaimana kamu bersikap sehingga bisa bekerja secara tim," pungkasnya. (ira)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini