Terlibat Holocaust, Lansia Mantan Nazi Divonis Lima Tahun Penjara

Randy Wirayudha, Okezone · Sabtu 18 Juni 2016 00:58 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 18 18 1418568 terlibat-holocaust-lansia-mantan-nazi-divonis-lima-tahun-penjara-QHczDV3LUd.jpg Eks Sersan SS Nazi, Reinhald Hanning divonis 5 tahun penjara (Foto: Bernd Thiessen/REUTERS)

DETMOLD – Umur yang sudah renta lias lansia (lanjut usia) dan tinggal menanti ajal, tidak menghindarkan Reinhold Hanning dari persidangan dan hukuman penjara. Mantan tentara SS (Schutzstaffel) Nazi Jerman di era Perang Dunia II (PD II) itu kini divonis lima tahun hukuman penjara.

Hanning dianggap terlibat dalam holocaust atau pembantaian di kamp konsentrasi Nazi – Auschwitz di Polandia, semasa tugasnya sebagai pengawas dan penjaga kamp tersebut pada periode masa tugas Januari 1942 sampai Juni 1944.

Vonis tersebut diputuskan Hakim Anke Grudda kepada mantan perwira SS berpangkat sersan tersebut, di pengadilan di Kota Detmold, Jerman pada Jumat, 17 Juni 2016 waktu setempat, setelah menggulirkan sidang sejak empat bulan lalu.

Putusan hakim terhadap pria berusia 94 tahun ini juga disebutkan lebih ringan, lantaran di awal persidangan, Hanning terancam hukuman 15 tahun penjara.

“Anda bertugas di Auschwitz selama dua setengah tahun dan memainkan peran dan fungsi penting. Anda bagian dari organisasi kriminal dan terlibat dalam aktivitas kejahatan di Auschwitz,” cetus Hakim Anke Grudda, dikutip Independent, Sabtu (18/6/2016).

Hanning sendiri sejak dimulainya persidangan empat bulan silam, mengakui tugasnya sebagai penjaga kamp. Hanning mengaku malu dan pada April lalu, sempat meminta maaf kepada para korban, baik yang meninggal maupun yang selamat hingga akhir perang.

“Saya malu ketika mengetahui bahwa saya membiarkan ketidakadilan terjadi dan tidak melakukan apapun untuk menentangnya,” tutur Hanning yang hanya bisa terdiam dan nampak menerima ketika hakim memvonisnya lima tahun bui.

Dalam persidangan yang berjalan empat bulan tersebut, pihak pengadilan juga sempat menghadirkan para korban holocaust yang selamat. Salah satunya Leon Schwarzbaum.

“Ini hanya sekadar sidang putusan hakim. Tapi seharusnya dia mengatakan lebih banyak kejujuran demi generasi muda. Dia sudah tua dan mungkin tak perlu dipenjara. Namun dia semestinya membeberkan apa yang terjadi di Auschwitz,” timpal Schwarzbaum.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini