nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Petugas Evakuasi Tiga Korban yang Tertimbun Longsor di Kebumen

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Sabtu 18 Juni 2016 22:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 06 18 512 1419030 petugas-evakuasi-tiga-korban-yang-tertimbun-longsor-di-kebumen-Hs7P1HFkP7.jpg Longsor. (BNPB)

JAKARTA – Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo menyatakan, pihaknya saat ini masih melakukan proses evakuasi terhadap tiga korban yang tertimbun longsor di Dukuh Semampir, Desa Sampang, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen.

"Tiga orang diperkirakan tertimbun longsor. Petugas masih melakukan pencarian korban. Hujan menghambat pencarian korban longsor," ujar Sutopo dalam pesan singkatnya, Sabtu (18/6/2016).

Longsor yang terjadi di daerah Kebumen tersebut disebabkan banjir bandang usai sungai yang berada di Desa Jatiroto dan Desa Purbowangi meluap hingga ke permukiman sekira pukul 19.00 WIB.

"Tinggi banjir bandang 50-100 sentimeter. Saat petugas BPBD dan unsur lainnya fokus evakuasi warga dari banjir, dilaporkan longsor terjadi di Dukuh Semampir, Desa Sampang, Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen," tuturnya.

(Baca Juga : Tiga Orang Tewas Tertimbun Longsor di Banjarnegara)

Diperkirakan cuaca ekstrem dengan tingginya intensitas hujan masih akan terjadi dalam dua hari ke depan di sejumlah daerah Jawa Tengah. Oleh karena itu, BNPB mengimbau masyarakat tetap waspada.

"Penanganan darurat masih dilakukan. Pendataan juga masih dilakukan BPBD. Masyarakat diimbau selalu waspada karena hujan lebat masih berpotensi tinggi hingga dua hari ke depan," tutur Sutopo.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini