Yordania Tutup Perbatasan Usai Dibom, Pengungsi Makin Sengsara

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Rabu 22 Juni 2016 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 22 18 1422079 yordania-tutup-perbatasan-usai-dibom-pengungsi-makin-sengsara-JY7v7d2Ut0.jpg Tenda pengungsi di Kamp Rakban, Yordania (Foto: Muhammad Hamed/Reuters)

AMMAN – Serangan bom mobil di wilayah perbatasan Yordania dengan Suriah menewaskan sejumlah petugas. Ledakan terjadi beberapa ratus meter di luar Kamp Rakban yang menjadi tempat menampung pengungsi asal Suriah. Kamp tersebut berada di area terpencil dekat perbatasan antara Irak, Suriah, dan Yordania.

(Baca juga: Ledakan Bom Mobil di Perbatasan Suriah Tewaskan Tentara Yordania)

Ledakan yang terjadi pada Selasa 21 Juni 2016 itu membuat Yordania mengambil keputusan menutup perbatasan tersebut. Masih belum diketahui dengan jelas siapa yang berada di balik serangan itu. Satu hal yang pasti, serangan dilancarkan dari wilayah Suriah.

Seperti diwartakan BBC, Rabu (22/6/2016), Pemerintah Yordania memastikan tidak ada kamp pengungsi baru yang akan dibangun usai pengeboman tersebut. Yordania juga memastikan tidak ada penambahan kapasitas bagi kamp-kamp pengungsi yang sudah ada.

Serangan pada Selasa 21 Juni itu adalah yang pertama kali di Yordania sejak konflik Suriah meletus pada 2011. Serangan bermula ketika satu unit truk dikemudikan dengan kecepatan tinggi dari arah Suriah dan meledak di depan pos penjagaan militer Yordania.

Para pekerja bantuan kemanusiaan mengatakan otoritas Yordania telah menutup seluruh akses terhadap bantuan kemanusiaan ke area tersebut. Hal itu tentu saja semakin menyengsarakan hidup para pengungsi di wilayah tersebut.

(wab)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini