Dubes Sri Lanka Akan ke Aceh Kunjungi Para Imigran

Rayful Mudassir, Okezone · Rabu 22 Juni 2016 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 22 340 1422469 dubes-sri-lanka-akan-ke-aceh-kunjungi-para-imigran-4WEwXX99Z6.jpg Imigran Sri Lanka (Foto: Rayfull Mudassir)

BANDA ACEH – Gubernur Aceh, Zaini Abdullah mengatakan, para imigran gelap asal Sri Lanka yang terdampar di Aceh tak akan lama berada di Aceh. Menurutnya, Duta Besar Sri Lanka rencananya akan mengunjungi lokasi pengungsian imigran gelap tersebut di Lhokseumawe.

Siang tadi, Gubernur melepas 43 imigran Sri Lanka yang direlokasi dari Pulo Kapok, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar ke bekas Kantor Imigrasi Lhokseumawe.

“Kita menunggu orang UNHCR untuk mengindentifikasi mereka lebih lanjut dan menunggu Dubes Sri Lanka kemari,” kata Gubernur Aceh, Kamis (22/6/2016).

(Baca: Imigran Sri Lanka Dipindahkan ke Lhokseumawe)

Namun, Gubernur belum bisa memastikan jadwal kehadiran Dubes Sri Lanka, Dharshana Mahendra Perera akan datang ke Aceh untuk mengecek langsung puluhan imigran gelap tersebut. Menurutnya, persoalan itu akan diproses oleh pemerintah pusat.

”Itu tidak bisa kita jawab (kapan). Belum tahu juga bagaimana tanggapan Pemerintah Sri Lanka, karena itu urusan pemerintah pusat,” kata Gubernur sebelum melepas bus yang ditumpangi oleh manusia perahu itu dari Pendapa Gubernur menuju Lhokseumawe.

Selain diberangkatkan dengan bus milik Pemerintah Aceh, sejumlah logistik keperluan selama mengungsi di Lhokseumawe juga diberikan Dinas Sosial Aceh. Diperkirakan manusia perahu itu akan tiba menjelang malam.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini