Image

Pemkot Bogor Desain Ulang Tugu Kujang

Putra Ramadhani Astyawan, Jurnalis · Jum'at, 24 Juni 2016 - 15:45 WIB
Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman saat Meninjau Lokasi (Foto: Putra/Okezone) Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman saat Meninjau Lokasi (Foto: Putra/Okezone)

BOGOR - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berencana mendesain kembali Tugu Kujang yang menjadi simbol Kota Bogor dengan memanfaatkan ruang yang tidak terpakai pasca-kebijakan sistem satu arah (SSA) yakni memperluas area plaza di seputaran Tugu.

Wakil Wali Kota Bogor, Usmar Hariman mengatakan rekayasa lalu lintas terkait rencana ini akan dikaji oleh Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) Kota Bogor dan langsung akan dibuatkan peta dasarnya.

"Badan jalan yang kini sudah tidak berfungsi, akan kita manfaatkan untuk perluasan Plaza Kujang. Kalau perluasannya strategis tidak menutup kemungkinan bahwa untuk meninggikan Tugu Kujang bisa dilakukan," kata Usmar, Jumat (24/6/2016).

Usmar menambahkan, dengan luasan sekarang, Tugu Kujang sendiri memiliki ketinggian sekitar 20 meter. "Kalau secara kasat mata saya survei itu penambahannya bisa dua sampai tiga kali luas yang sekarang. Artinya masyarakat memiliki ikon yang fenomenal seimbang dengan kekuatan bangunan sekitarnya," tambahnya.

Di satu sisi, nantinya keberadaan Lawang Salapan dengan arsitektur bergaya Eropa akan semakin mempercantik kawasan Tugu Kujang. Namun, di sisi lain akan memperkecil titik pandang masyarakat terhadap Tugu Kujang itu sendiri.

"Kalau (hotel) Amaroossa sekarang yang telah membuat Tugu Kujang menjadi semakin kecil, maka nanti Lawang Salapan akan membuat Tugu Kujang menjadi kecil. Maka harus ada upaya untuk merekonstruksi ulang Tugu Kujang itu sendiri," jelasnya.

Perencanaan memperluas area Tugu Kujang merupakan salah satu memanfaatkan badan jalan yang tidak terpakai pasca-kebijakan SSA. Nantinya, keseimbangan baru di titik yang mana akan dilihat dan dikaji serta dikonsultasikan dengan para budayawan.

"Sehingga cita-cita Tugu Kujang supaya lebih tinggi dan besar serta lebih mendominasi di kawasan itu bisa direalisasikan," pungkasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming